‘Resign’ yang Kocak

Kalau mau jujur, aku jarang banget baca novel karya lokal. Bukannya ngeremehin atau gimana, tapi emang jarang aja tertarik buat baca. Karena waktu masih sekolah dulu kebanyakan genre yang dilirik ya macam-macamnya fantasy kayak Harry Potter atau Chronicles of Narnia, makanya ga ada keinginan buat nyari produk dalam negeri. Begitu kerja, ternyata malah terjadi banyak perubahan soal selera genre novel. Termasuk Resign karya Almira Bastari ini yang sebenarnya ga sengaja aku temuin pas download aplikasi Webcomics beberapa bulan yang lalu. Denger-denger ini tadinya di publish di Wattpad yah? Soalnya pas aku ke Gramedia Mall Boemi Kedaton dan nemuin buku ini di sono (aku beli buku ini via Tokopedia btw), kayaknya sih ada yang nyebutin kalo ini tadinya novel Wattpad. Wah, berarti Wattpad banyak kemajuan juga nih bisa menelurkan novel yang bagus gini.

Lucunya,pas ketemu buku ini emang kebetulan lagi pusing mikirin soal resign dari kerjaan. ‘Kok pas banget?’ pikirku gitu setiap baca chapter buku ini di Webcomics. Akhirnya karena males nunggu-nunggu dapet free ticket buat baca chapter barunya tiap 5 hari sekali, aku beli deh bukunya. Alhamdulillah ga sia-sia ngeluarin kocek buat doi, soalnya ceritanya masih acceptable buat aku yang agak-agak kurang suka sama novel drama gini.

Walaupun udah bisa nebak endingnya bakal gimana, menurutku kisah cinta kocak alranita yang mati-matian kepingin resign dengan Tigran yang nyebelin tingkat dewa ini cukup menarik buat disimak. Aku kayak ngerti banget perasaan Rara, panggilan Tigran untuk Alranita, yang berusaha menahan diri bekerja dengan orang yang dia ga suka padahal keinginan terbesarnya adalah kepingin keluar dan cari pekerjaan baru. Alur ceritanya ala FTV banget; Tokoh utama adalah Karyawan perusahaan swasta dan love interestnya seorang Atasan super ganteng dan Kaya, tapi cerewet dan ngeselin. Novel ini jadi makin seru karena diisi dengan teman-teman kerja Alranita yang sama-sama ingin resign dan saling bergosip ria mengenai si bos dan masing-masing teman satu divisi. Di semua tempat kerja manapun tuh emang ga afdol yak kalo ga ngegosip, hehehe.. dan selama membaca novel Resign aku kebanyakan senyam-senyum sendiri, ngerasa lucu aja gitu. Kalo aja bagian endingnya ga langsung jebret nikah (yaaa misalnya si Alranita sok-sok jual mahal dikit terus tambah adegan kocak lagi pas ngelamarnya gitu yeee kaaaann) mungkin novel ini bisa jadi salah satu yang aku favoritkan buat nemenin ngopi santai. After all, romance-nya tetep dapet sih. Sayangnya, English convo yang ada disini kerasa mengganggu. Aku emang kurang suka sebenarnya kalo ada novel lokal yang percakapannya pake ditambah-tambahin bahasa Inggris. It’s okelah kalo nyebutin istilah atau kayak memang adegannya lagi ngomong sama English native speaker, tapi buatku kesannya jadi maksa kalo percakapan bahasa Inggris ditambahkan dalam novel lokal.

Tapi eh tapiii, novel Resign tetep worth buat dibaca. Ceritanya cukup menarik dan humornya masih sesuai tempat. Aku paling suka setiap kali geng The cungprets lagi ngegosip terutama via whatsapp. But next time kalo si penulis mau bikin novel baru lagi, aku rasa percakapan bahasa inggrisnya lebih baik ga usah terlalu banyak, cukup dengan bahasa formal aja udah nunjukin perbedaan lingkungan sosial yang ditunjukkan dalam novel ini. Itu sih… Kalo penulisnya mau sih yaa… Hahahaha.

My Stupid Boss, and My own Work experience

Kayaknya aku belum pernah review buku ini yak? Hehehe.. padahal belinya udah lama deh, tapi aku emang rada males bikin postingan blog selama masih kerja. Sekarang mudah-mudahan bisa sering posting kayak dulu dan ga melulu nontonin orang di youtube. Hihi..

Well, aslinya kenapa majang buku ini karena menurutku pengalaman Chaos@work ngehadepin bossnya yang alakazam kelakuannya itu menghibur banget. Terus setelah berkali-kali baca buku ini aku jadi keinget pengalamanku sendiri pas masih kerja. Di mana-mana emang akan selalu ada aja atasan dengan kelakuan yang aneh, tapi kebetulan tempat kerjaku sih orang-orangnya masih sangat amat normal dibanding Bossnya mba Kerani. Lagi marah ya sewajarnya aja ga pake acara main langsung tuduh sana-sini. Malah karena mungkin lingkungan kerja diisi hampir semuanya perempuan (secara kita-kita kan SPG), bawaannya kayak lagi arisan. Yang kenceng sih ngomongin orangnya aja kali’ ya. *Mesem-mesem*

Suplayerku misalnya, orangnya lumayan agak cerewet dan kalo marah tuh ga bakal berhenti ngomong. Awal kerja dulu aja sampe pusing karena hampir tiap hari dapet wejangan meskipun akhirnya aku sadar kalo semua itu penting dalam pekerjaan. Kalau sudah ribut soal kompetitor dan omset kayaknya udah maleeesss banget mau jawab bbm/sms-nya, tapi kewajiban ya tetep mesti dipenuhi sebagai bawahan. Misalnya kalo sehari ga ngereport, doi bakal ngirim sms/bbm dari SPG lain sebagai contoh gimana seharusnya SPG itu tanggap dan aktif bekerja. Jadi tuh maksudnya ngode gitu biar dismsin yak.. hehehe.. *ngakak sendiri gw baca ginian* KadangMy-kadang sampe panas dingin sendiri kalo udah ngomongin omset sama kompetitor, ga bakal jauh-jauh dari “Duh, kecil banget..” “Waa rankingnya turun..” Tahu sih kalo harusnya aku mawas diri buat lebih keep up sama ekspektasi sang penggaji, tetep aja rasanya beteeee banget kalo udah dijawabin gitu sama boss. Euuuhhh kayak ga di anggep.

Mulai menginjak dua tahun kerja, aku udah mulai tahan banting sama omongan suplayer yang dikit-dikit ngebahasin pengurangan SPG dan tutup konter kalo lagi chat soal kerjaan. Waktu itu lawan shiftku masih enak, orangnya pintar ngomong juga jadi ga perlu nanya-nanya lagi gimana ngehandle kecerewetan si boss. Begitu doi resign gegara ada masalah, aku ketemu partner yang rata-rata susah beradaptasi dengan kondisi omset konter yang sepi dan suplayer yang cerewet. Pernah ada satu lawan shift yang orangnya polos banget sampe ga mudeng omongan suplayer;

Partner = Mbak, ternyata Bapak itu genit ya? Masa semalem sms aku di bales ‘Oke jelek’. Iihh Emangnya aku pacarnya kali?
Aku = (Bingung) Ha? Apa iya? Biasanya Bapak ga gitu kok. Emang kamu sms apa sama dia?
Partner = cuma kompetitor aja mbak, terus dijawabnya gitu. Ih, aneh ya mbak.
Aku = Hmm.. semalem dapet ranking berapa di kompetitor?
Partner = Ranking 5 mbak.
Aku = (langsung ketawa) Ya elah dek, maksudnya Bapak itu bukannya genit. Dia ngebales sms kamu maksudnya mau bilang Ranking kita jelek. Jadi maksudnya, ‘Oke, rankingnya jelek.” , Gitu..
Partner = Iya tah mba? Yaa orang nulisnya gitu ga jelas banget, kayak ngomong sama pacar.. (terus ketawa-ketiwi)

Kalo sudah gini kadang cuma bisa geleng-geleng kepala sendiri. Makanya setiap anak baru yang jadi partner shiftku pasti udah kukasih wanti-wanti supaya tanya dulu sama aku pas di chat sama suplayer. Untungnya semua pada nurut ya, walaupun masih tetep aja ada miskomunikasi. Secara si bos orangnya syupaaa sibuk jadi kalo ngetik chat itu singkat-singkat, jadinya suka salah pengartian. Sayangnya aku udah lupa sih apa aja kejadian salah baca chat suplayer yang di alami lawan shift aku, tapi yang aku inget emang hampir semuanya ngalamin termasuk aku juga. Aduh.. banyak cerita juga ya setelah dipikir-pikir. Hahaha..

Back to the topic, My Stupid Boss diceritakan dengan gaya bahasa sehari-hari berbumbu banyolan slapstick khasnya humor Indo ala novel-novelnya bang Raditya Dika. Bedanya, aku suka novel ini karena ceritanya konsisten dalam situasi yang sama. Kalo di novelnya Bang Radit tuh jumping dari satu ke yang lain sehingga aku sendiri ga nyambung kolerasinya di mana (jadi ujungnya cuma lucu aja). My Stupid Boss bisa dibilang fiksi humor yang bikin orang relate ke pengalaman kerjanya sendiri sehingga bawaannya jadi ngocol bin terheran – heran kenapa bisa ada orang seaneh itu jadi pemimpin perusahaan dan ada seorang sekuat itu yang bisa menjadikan pengalaman kerjanya jadi sesuatu yang menarik untuk di simak. Ga heran sih kalo akhirnya My Stupid Boss diangkat menjadi film layar lebar dan ga mengecewakan juga. Dan lucky bonusnya, tokoh Boss ini diperankan oleh Reza Rahardian yang sumpah gokil banget ngasil feel yang ngena sebagai atasan super ngeselinnya Diana. Hehehe.. Walaupun ga bisa nonton di bioskop gegara temen-temen aku lebih tertarik sama The conjuring, at least aku bisa nonton via shared video di Facebook. Dan novelnya sendiri aku beli di Gramedia, cuma lupa harganya berapa. Well, aku pengin beli buku lanjutannya karena yang terakhir aku tahu tuh Chaos@work sudah ngeluarin 5 buku serial My Stupid Boss. Semoga dapet kesempatan di lain waktu deh. Anyway, yang belum pernah baca, mendingan beli deh bukunya. Soalnya menurut aku lebih kocak baca bukunya sendiri ketimbang cuma tahu dari film.

Jobless : Pampering Yourself

One benefit being a jobless is that you practically have too much free time to pamper yourself. Maksudnya tuh, bisa manjain diri dengan ngerawat muka dan badan. Yaaa walaupun aku udah pasrah sama berat badan yang timbangannya makin ke kanaaaaan aja tiap hari, tapi ritual-ritual kecantikan seperti masker dan lulur ga bakal kelupaan. Malahan sekarang bisa barengan masker-maskeran sama Mamak, jadi kayak semacam bonding time gitu sama orang tua (Ceilah bahasanya).

Seminggu ini aku 2 kali nyobain maskeran pake endapan air cucian beras. Buat yang belum tau, air beras kan memang punya kandungan yang bagus buat mencerahkan kulit. Dulu sebelum kerja maskerannya kalo lagi pengin doank, apalagi dulu mah ga terlalu mentingin soal begituan. But now when I already got a gist about having pretty and healty skin, sayang banget kan waktu yang terlalu banyak ini sia-sia tanpa memperbaiki kondisi kulit yang selama ini lelah karena makeup dan pola hidup yang salah? Terutama karena masker ini bisa didapetin hampir tiap hari di rumah karena kita kan selalu masak nasi, sementara di kosan kan jarang banget. Hehehe.. dan ternyata emang enak sih di muka setelah bener-bener ngemasker muka dengan proper alias nunggu 30 menit baru dibersihin, karena waktu di kosan aku pernah coba sekali dan ga kerasa apa-apa karena aku ga betahan sama sekali nungguin sampe selesai maskeran.

Anyway… ngomongin soal muka nih, sebelum resign aku sempet beli Wardah Aloe Vera Hydrating gel gegara mukaku kena jerawat parah di bagian dahi. Jerawatnya sih ga gede – geda dan merah gitu, tapi beruntusan banyak dan bekasnya menghitam. Ilang 1, nongol yang lain makin banyak. Jadi kesel banget kan kalo udah liat jidat yang nyeremin begitu? Nah.. karena aku emang udah lama tertarik pengin coba gel lidah buaya yang katanya multi fungsi ini, jadilah aku beli di mal tempat aku kerja. Sebenarnya rada skeptis juga cuz sebelumnya aku liat-liat review mengenai gel ini di youtube. Ada 1 review dari youtuber Medan Shallow Stuff yang bilang kalo pertama kali memakai gel ini rasanya sedikit perih di awal. Tapi karena diyakinin sama BA Wardahnya, ya udah aku coba beli aja daripada penasaran. Dan pas aku pakai pertama kali hingga pemakaian ke 3 ternyata aku juga ngerasain rasa perih yang sama. Padahal aku jarang banget ngalamin hal kayak gitu kalo mecoba produk baru.

Eh.. besoknya yang aku takutkan terjadi, jerawat bruntus yang tadinya udah mereda di daerah dahi langsung keluar gitu. Emang sih jeda antara pemakaian pertama, kedua dan ketiga agak jauh jadi aku ga begitu merhatiin kalo efeknya bisa gitu. Apalagi waktu pemakaian pertama dan kedua pas banget muka aku masih banyak jerawatnya. Halah halaahh ga taunya aku juga ga cocok make Wardah Hydrating gel. Alhasil sekarang cuma aku pake buat badan sama rambut aja biar ga kering. Kayaknya di badan sih manjur, soalnya siku tangan aku yang keringnya naudzubillah itu jadi agak mendingan penampakannya. Dipegang juga halus, biasanya mah mirip kulit ayam abis dicabutin bulunya gitu. Jadi agak lega juga karena ga buang untuk beli produk ga terpakai.

Soal tekstur si aloe vera gelnya sendiri, pas dipake rasanya dingin dan agak sedikit lengket menurut aku. Beberapa blog tetangga ngereview kalo gel ini cepet meresap ke kulit, tapi buatku sih biasa aja. Emang lumayan cepet ngeresapnya tapi tetep ninggalin rasa lengket sedikit. At least itu semua cuma di awalnya aja. Satu-satunya hal yang aku suka dari gel ini ya cuma baunya yang segar. Setahu aku memang produk Wardah baunya seger-seger jadi ga bikin hidung sakit. Aku belum tau sih ada efeknya atau ga-nya kalo dipake di rambut. Mungkin ntar aku coba posting lagi kalo emang ada perubahan yang kentara.

Pulang Kampung Permanen

Ceritanya lumayan panjang ketika aku pulang ke Tulang Bawang. Setelah melalui proses yang agak panjang (sok gaya banget nih ngomongnya) dari Stok Opname yang ga kelar-kelar sampe dikirimin uang sama Mamak saking udah ga ada pegangan lagi buat bertahan di Bandar Lampung, akhirnya aku pulang kampung juga walaupun gajiannya harus dipending lumayan lama. Waktu itu hari Jum’at (17/8), aku di antar teman balik ke kosan karena sehari sebelumnya sempat nginap di rumahnya. Karena waktu itu bapak kosan sudah sibuk nanya kapan pindahan, akhirnya aku ngebut ngerjain mahar buat temenku Septi yang bakal melangsungkan pernikahan pas September nanti dan ujung-ujungnya nginep di rumah doi. Aku pikir tadinya bisa berangkat lebih pagi biar nyampe lebih cepet di Menggala trus bisa istirahat, eh.. ga taunya malah di jemput jam setengah 3 sore. Alhasil banyak waktu yang sebenarnya kebuang sia-sia cuma buat nungguin travel jemputan.

Malamnya aku sampai di Penumangan baru, Menggala sekitar jam 7. Ternyata disuruh Bapak nginap di rumah Tante aja biar pagi bisa langsung berangkat naik bis. Dari Penumangan Baru aku berangkat sekitar jam 8 naik Bis yang mirip transbus gitu, eh tapi mahal banget tarif ongkosnya karena dihitung sama bawaanku yang emang lumayan banyak. Padahal perabotanku di kosan banyak juga yang udah aku jual dan di hibahkan ke orang lain, tapi masih juga harus bawa 3 kardus yang isinya baju dan sepatu. Yah, ini jadi pelajaran buat diri-sendiri supaya jangan numpuk barang yang ga begitu berguna, akhirnya malah nyusahin sendiri waktu pindahan.

Nyampe di Unit 2 pun juga harus nunggu sekitar setengah jam karena waktu aku nyampe di sana adik aku malah baru berangkat. Ini juga jadi kali pertama aku nyewa ojek buat bawain barang-barang aku sampai ke rumah. Wuih, rasanya lega banget udah ada di rumah sendiri. Bahkan walaupun kesel karena masih harus ngurusin SO dan gajian yang di pending, aku tetep ngerasa nyantai karena akhirnya aku pulang kampung permanen. Alias, back again jadi penghuni rumahan.

Yang lucunya tapi sudah jadi hal yang biasa kalo pulang kampung adalah pas ketemu orang-orang sinipasti bakal di tanya, “Kok pulang, mau nikah ya?”. Jangankan mereka, wong temen kerja juga sibuk bilangnya mau nikah makanya resign dan pulang kampung. Aku sih cuma bilang Amin kalo ditanya gitu daripada kesel sendiri, padahal pengin pulang ya bukan karena nikah juga sih (walaupun keinginan itu jelas pasti ada), tapi lebih supaya bisa deket sama keluarga. Ngerantau dan dapat kerjaan bagus juga kalo jauh dari ortu tetep aja ga enak kan? Apalagi setelah banyak ngalamin kejadian-kejadian ga ngenakin sebelumnya, perasaan malah semakin kerasa ga aman. Keluar siang juga bawaannya takut aja, apalagi kalo sendirian. Selain itu juga karena akhir-akhir ini aku emang semakin boros dan ga bisa ngontrol keuangan, akhirnya tekad bulat juga buat resign dan pulang kampung. Toh juga sama aja kalo mau dipertahankan; gaji kecil, biaya hidup besar, jauh dari orang tua itu yang bikin makin parah. Malah sampai 5 kali lebaran ga bisa dirayain bareng keluarga. Sudahlah.. makin sesih kalo diceritain. Intinya aku sudah di rumah, sudah bebas. Alhamdulillah.

Rencana selanjutnya juga belum tau sih. Mamak nyuruhnya kerja dulu, kumpul-kumpul modal buat usaha. Gaji plus deposit tabungan selama kerja juga disimpen di bank buat pegangan. Yaa sementara nganggur dulu lah gapapa, toh ga ada yang di buru. Sudah di rumah ini kok .

Keluar Dari Zona Aman

Duluuuuu banget kayaknya aku pernah baca buku psikologi tentang keluar dari zona nyaman. Kalo ga salah sih pas SD yah (haha). Weits, gini-gini bahan bacaan aku di jaman SD bukan macamnya majalah Bobo atau komik Shin-chan, tapi udah merambah ke intisari-intisari majalah dan buku yang ngomongin life struggle dan history. Kalo anak jaman sekarang mah demennya goyang-goyangin jari telunjuk sama jari tengah aja tuh.

Continue reading

This Week’s Reading list

Kayaknya udah lama banget deh sejak terakhir aku bikin post tentang dunia membaca seperti review novel dan sebagainya. Maklum, sekarang jarang banget nyempatin waktu buat nyari bahan bacaan. Dulu kalo lagi di rumah bisa berjam-jam mantengin laptop buat baca novel, eh.. sekarang yang harusnya gampang banget buat baca di aplikasi henpon malah kebanyakan mainan yutub sama instagram. Ehehe.. palingan kalo mau baca buku tuh pas lagi abis kuota doank *mesem-mesem*. Kemarin aku lagi baca buku bang Radit yang pertama, bawaannya kepingin beli buku lagi. Meskipun salah satu temen bilang enakan baca buku/cerita online, well.. hobby is not something you can measure on. Aku ga bilang baca buku lewat jalur online itu ga bagus, malah kebanyakan membantu banget selama ini buat aku yang kantongnya pas-pasan (padahal udah kerja). Tapi karena sekarang udah termasuk mampu beli buku dalam bentuk media cetak, kayaknya kok sayang kalo ga ngambil kesempatan buat menambah koleksi buku. Toh, itu juga termasuk impian aku dari kecil, kepingin punya perpustakaan sendiri. Alhamdulillah sekolahku punya banyak ragam bahan bacaan karena perpustakaannya kebetulan salah satu yang terlengkap di Bandar Lampung (yuk, yuk dateng ke Xaverius 1 Teluk Betung). Dari perpustakaan inilah lahir hobi yang sampai saat ini belum luntur, yaitu membaca. Wah.. dulu di SD aku udah baca banyak banget buku, dari ensiklopedi sampai novel remaja. Sebagian inget, sebagian sih kagak. Jadi kangen, hahaha…

Omong-omong soal aktif di instagram, gegara buka iklan di sono aku jadi donlod aplikasi Webcomics dan nemuin novel “Resign” karya Almira Bastari. Kamvreto banget tuh novel lucu bangettt,, ala-ala drakor gitu yang meskipun english-englishnya bikin aku agak terganggu (I dunno, I’ve never been one who likes english convo or terms added in Indonesian novels) tetep syuka sama kisah Alranita vs Tigran yang unyu. Love and hate relationship emang seru sih ya hahaha.. sayangnya kalo di Webcomics kan mesti dapet koin dulu kalo mau baca chapter non-gratis, dan kupon gratis buat baca “Resign” juga keluarnya tiap 5 hari sekali. Iseng-iseng buka Lazada buat ngintip harga novelnya, lah.. mehong boy! Hiks… Aku lagi belum mampu keluarin uang lebih buat beli kamu nak.. *nangis manja* Doain yaa manteman gajiannya ada sisa buat beli buku, aminnnn.

Aku punya reading list yang sebenarnya recommended buat kalian. Ini beberapa buku yang kemarin aku baca, tapi aku gabungin aja ya secara singkat biar enak;

1. Ten millions of Peach Blossoms, Pillow’s book 1-2 by TanQi GongXi.
Ah. 2 words for these masterpieces : Keren gila. Awalnya aku tau Chinese novel ini pas liat adaptasi dramanya yang aduhai ngena banget di hati. Memang banyak sih yang menghujat karya TanQi karena plagiarism-nya ke novel lain (novel boyslove pulak), tapi ga tau kenapa aku tetep syukaaa banget dengan ceritanya yang lucu dan kompleks ini. Berdasar pada kebudayaan, ajaran agama Budha dan kepercayaan para Dewa di China, serial-serial ini jadi novel Chinese favorit aku so far. Yang masih beredar secara umum sih Pillow’s Book 1-2 (Kisah antara Bai Fengjiu dan Donghua Dijun yang aseli sumpah bikin nagih buat nyimakin), tapi yang Ten Millions of Peach Blossoms udah ditarik peredarannya dari internet. So shame banget pokoknya. Versi Manhua dari ‘Peach Blossoms’ masih bisa di temuin sih, tapi imagenya menurut aku ga terlalu sesuai sama penggambaran di dalam novel. Kalo soal plot, sama persis. Tapi bagi aku yang udah baca dan nonton versi dramanya jelas bisa ngebedain mana yang sesuai dan yang kagak. Yah. We can’t have all we want. But it’s really and highly recommended. Silahkan cari aja Pillow’s booknya di gugle ya. Klo yang ‘Peach Blossoms’ aku dapet di Wattpad, tapi belum full complete jadi belum bisa aku rekomendasikan.

2. Bu Bu Jing Xin (Startling by Each Step) by Tong Hua.
Again, it’s actually a great shame novel ini ga pernah masuk pasar Indo. Ini keren-ren-ren gila! Buat kalian yang udah pernah nonton Drakor “Scarlet Heart : Ryeo”, FYI ceritanya terinspirasi dari novel ini. Bedanya cuma karakteristik awal si Hae Soo yang lebih kekanakan dibanding Maertai RuoXi. But most of all semua sama (namanya juga di adaptasi). Yang bikin lebih ngeselin lagi karena terjemahannya yang beredar di gugle cuma mentok di chapter 8. Meskipun bikin bete, aku pernah ngerasain sih strugglingnya sebagai translator. So let’s there’ll be any continuation for the translation *cross fingers*.

3. Pallace of Illusions by Chitra Banerjee Divakaruni.
Kalo kalian menggemari historical romance atau tertarik dengan cerita Mahabharata, Pallace of Illusions ini jadi novel yang aku rekomen buat dibaca. Novel ini menceritakan kronologi kehidupan Draupadi dan Mahabharata dari PoV-nya si Draupadi sendiri. Karena aku familiar banget dengan kisah Mahabharata karena sering nonton dramanya berulang kali dari kecil (yang versi tahun 70an ituloh), kayaknya unik aja mengikuti penjabaran Draupadi yang diceritakan jatuh cinta sama Karna daripada sama Arjuna. Walah, pokoknya lucu aja. Terus kan kalo Mahabharata biasanya mengisahkan wanita sebagai sosok yang penuh bakti sama keluarga dan suami, berkharisma dan penuh dharma. Lah kalo di sini ceritanya manusiawi banget, yang Ibu Kunti jadi ibu Mertua yang resentful sama menantu, atau si Draupadi sendiri yang menganggap mertuanya sebagai saingan. Aneh banget deh ga kayak cerita Mahabharata yang biasanya. Tapi menurutku disini sih letak bagian uniknya, retelling story emang punya nilai lebih dimana plotnya jadi lebih berkembang daripada versi original. Seneng banget bisa punya kesempatan baca buku ini.

4. Dua Ibu by Arswendo Atmowiloto.
Menurutku Pak Arswendo layak jadi bapak cerita anak-anak, soalnya novel-novel karyanya seperti “Mencari Ayah Ibu“, “Kenapa Bibi Tidak Pernah Pergi ke Dokter“, “Pesta Jangkrik” sampai “Keluarga Cemara” yang diadaptasi ke sinetron itu punya kesan yang ngena banget karena sarat dengan kisah keluarga dan masa anak-anak. Doa Ibu juga termasuk karya yang aku favoritkan, dan alhamdulillah aku bisa punya salah satu dari novel yang Pak Arswendo buat. Dulu aku seneng banget baca “Mencari Ayah Ibu” di perpustakaan, jadi aku familiar dengan gaya bahasa dan cerita Arswendo. Dua ibu dikemas dengan penggalan cerita anak-anak asuhan seorang ibu yang berkorban sepenuh hati untuk mereka meski kehidupannya selalu dalam kekurangan. Di akhir cerita, sang ibu meninggal dan seluruh anak asuhannya baik yang kandung maupun yang di asuh berkumpul sebagai penghormatan bagi ibu yang mereka kasihi. Arswendo Atmowiloto ingin menyampaikan bahwa tidak ada batasan mau itu kandung ataupun tidak, ibu adalah ibu yang bersedia merawat dan membesarkan anaknya dengan cara apapun. Bahkan ga ada batasan agama yang mengikat karena nyatanya dia mau merawat dan mengkhitan salah satu anaknya yang notabene berasal dari keluarga non-muslim. Menurut aku, menulis novel harus yang begini, jujur, sederhana dan pesannya sampai. Kalo sekarang agak susah nemu novel lokal yang ginian sih. Hahaha..

5. Resign by Almira Bastari
*Ngakak membahana* mahap yah mahap.. I can’t help it, beneran! Padahal aku aja belum selesai baca buku ini via Webcomics tapi udah main langsung masuk reading list aja. Abisnya lucu sih ceritanya jadi gemes pengin ngeshare ke blog. Awalnya pas liat judul novel ini aku kira bakal ngebaca novel non-fiksi tutorial resign dengan cara-cara nyeleneh dan kocak (maklum, kebanyakan baca novel humor jadi gini dah). Ga taunya novel romance toh ya hahaha.. Tapi field kerjaannya ga relate sih sama aku, soalnya aku ga yakin ada perusahaan yang karyawannya lembur tiap hari. Cuman ya kalo ada salut aja deh *tepuk tangan*… Aku yang dulu cuma lembur seminggu sekali aja ga tahan, apalagi pas puasa haduhhhh… Itu bisa sampe seminggu terus ga sakit-sakit berarti manusia super. Masa’ si Alranita masih mau lanjut nonton jam 9 malem padahal pulangnya paling cepet jam 7an? Aduh, kalo aku sih mendingan molor broh *nyengir kuda*. Anyway, doakeuuunnn pokoknya bisa beli buku ini ya manteman, sapa tahu diriku dapat bonus nyasar dari kantor terus adminnya insomnia dadakan gituhhh (ngarep). Amiiinnn..

Apa jadinya tanpa teknologi?

Years ago (cieh gayanya sok tuir), dulu kalo ga punya laptop bakalan susah ngerjain dokumen-dokumen penting. Inget banget pas di awal kuliah dulu dan belum punya laptop, ngerjain draft tugas translation yang panjangnya alakazam (tapi itu juga karena aku yang milih sih) sampe mau nangis karena ditulis dan disimpen di blog pribadi. Waktu itu kan ga ada smartphone canggih kayak sekarang yang semua aplikasi A sampe Z tinggal donlod terus dipake. Henpon ekeh cuma sebatas nokia alakadar yang cukup puas buat sms, telpon, denger lagu dan internetan terbatas akses WAP. Mau rental komputer atau ke warnet pun susah gegara di daerahku emang fasilitas yang begitu minim banget, belum lagi mahalnya itu. That’s how my uni life went, which was much of struggle.

Seminggu yang lalu aku dimintain tolong sama temen buat ngeprint data stok opname dari kantornya yang di format dalam bentuk PDF file. Secara karena hp aku yang sekarang (XiaoMi Redmi 5A) ga pake memocard, aku jadi bingung mesti gimana buat ngakses datanya ke komputer. Aku ga mau ngambil resiko connecting hp aku ke komputer yang isinya segala macem dipake orang, takut deh pokoknya. Jadi aku transfer file tersebut ke Google Drive terus aku buka lewat komputer rental deket kosan, abisnya langsung aku print. It’s that easy. Dulu, kenapa ga semudah itu? Seandainya teknologi smartphone merambah lebih cepat ke daerah tempat aku tinggal mungkin dulu aku ga perlu harus ribut minta Mamak beliin laptop. Padahal kalo di pikir-pikir, kebanyakan fungsi laptopnya pun cuma buat donlod anime banyak-banyak numpang wifi kampus dan storing file yang jumlahnya bejibun dari hp entah itu foto maupun lagu. Nah, kalo sekarang yang gituan juga bisa lewat hp kan, atau online storing via sosmed. Beneran, kalo ngebandingin dulu sama sekarang emang advanced banget pertumbuhan teknologi yang terjadi. Dan alhamdulillah aku masih punya kesempatan sebagai salah satu witnessnya ya. Hahaha..

Anyway, kita yang sekarang memang susah survive tanpa teknologi. Kadang suka kepikiran sama aku, “Apa jadinya kita tanpa teknologi?” Terutama kalo ngeliat sekarang konsumsi publik sama internet juga makin besar. Contoh aja kayak fasilitas transportasi online, yang honestly ngasih impact yang besar buatku pribadi. Kemana-mana ga perlu harus afal jurusan angkot, tinggal pesen aja ojek/taksi online. Duh… Seandainya ga ada yang ginian, jarak pasti tetap bakal jadi halangan. Sekarang pun, kalo mau komunikasi sama orang rumah juga ga susah. Ga punya pulsa juga bisa lewat Whatsapp karena adik udah punya smartphone. Walaupun sebenarnya nelpon juga tetep pake pulsa sih.. soalnya sinyal masih suka ngadat. But to me it’s a big improvement loh, dibanding tahun-tahun sebelumnya yang kalo mau nanya apa-apa atau mau kasih liat sesuatu ya ga bisa secara detil karena komunikasinya lewat sms dan telpon doank. Jujur deh, kalo di suruh jawab pertanyaan di atas, aku pasti bakal bilang, “Waduh, bakal repot.”

Tapiiiiii eh tapiii yaaa…. Itu kalo teknologi dipakenya dengan bijaksana lho. Dengan fungisnya yang bener. Kebanyakan orang menggunakan fungsi teknologi dengan cara yang salah, dan meskipun ga merugikan orang tetep aja unfaedah. Apalagi sekarang noh… Pada ngetrend abis bikin video musik atau lipsyinc video yang isinya cuma goyang kanan kiri ngasih liat bentuk badan sementang semok dan cantik. Mending kalo ga berhijab, ini mah berhijab syay.. have fun sih have fun tapi tolong yang berfaedah dikit. Sayang lho sudah menutup aurat tapi malah gitu. Belum lagi resiko-resiko yang lain.. Suka greget aja liat anak-anak jaman sekarang yang menggunakan smartphone mereka untuk hal yang unfaedah. Lah nanti bakal gimana ya?

Well.. intinya sih manusia sulit survive tanpa teknologi, tapi juga harus membatasi penggunaannya pada level yang lebih bisa diterima. Ga mau juga kan di masa depan nanti anak-anak kita baru lahir tau-tau goyang-goyang depan kamera sambil goyang dua jari?