Baju Lebaran

Perasaan sebelum kerja mau beli baju apa atau yang gimana mah ga masalah. Walaupun uang di kantong nipis tetep dijabanin aja beli baju. Eh, setelah kerja kok ya males pake bingits ke mall atau at least pasar buat nyari baju lebaran. Bweh, padahal udah tinggal berapa hari lagi nih. Ini entah malesnya atau pelit ngeluarin uangnya ini yang jadi masalah. Udah dua kali muter-muter Pasar Kangkung yang kebetulan deket sama kosan sekedar liat-liat siapa tahu ada yang cocok sama selera tetep aja ga nyantol yang pengin di beli. Sama aja deh kayak waktu ke Matahari Dept. Store dan Center Point Mall minggu kemarin, muter-muter ga jelas tapi ga dapet apa yang mau di beli. Bawaannya jadi frustasiii… ><

Cuma emang dari dulu sebenarnya ga terlalu excited beli baju lebaran. Sekarang jadi sedikit penting soalnya nanti mau dipake pas lemburan di tempat kerja. Malu kan yah kalo ga beli baju baru, terutama karena di Chandra kan ada kecenderungan selalu mentingin tentang penampilan. Lagian pas momentnya boleh jaga konter dengan seragam yang sesuai keinginan kita. Tapi lagi-lagi, dasarnya cuek jadi orang, ga terlalu nanggapin juga mau pake baju apa pas lebaran nanti. Toh, ga bakal kemana-mana ini. Mau ngerayain lebaran di rumah kebetulan makan waktu perjalanan pulang yang lama, sekitar 4 jam. Besoknya harus lembur pula. Duh, mana kuat lah. Meskipun sedih ga bisa pulang ya harus terima nasib, at least masih bisa komunikasi lewat telpon. Ali juga rencana mau main ke sini, jadi masih senang karena ada kunjungan keluarga pas Lebaran. Tapi, baju lebaran bagi keluarga kan bukan hal yang penting. Jadi percuma juga beli baju lebaran kalau yang liat cuma keluarga sendiri duank. Teteplah, mau ga mau harus beli lah minimal satu. Biar kalo silaturahmi agak kece dikit kan yah… Hehehe. ๐Ÿ˜›

Terus, kayaknya udah mendarah daging banget kebiasaan dibeliin baju sama Emak. Bukan masalah dibeliinnya, tapi kalo Emak kan lebih pinter nyari baju yang bagus, dan biasanya lebih pinter nawar. Aku ini mau gimana juga ga bakal bisa nawar harga! Kayaknya kalo urusan tawar menawar perlu bakat nih, soalnya ga bisa-bisa juga walaupun udah sering ke pasar. Was-was juga nih, kalo jadi ibu rumah tangga ga bisa nawar harga, gimana nanti pas dikasih uang belanja sama suami ya?

Mungkin juga masalah waktu sih, tanggal segini udah mepet banget. Biasanya juga udah dimahalin harga barangnya. Mending kalo bagus, tapi soal bagus atau ga ya tergantung sama pembeli sih ya. Intinya itu beli atau ga. Tapiii…. Ah auk ah! Pusiiinnnggg!!!!!

English pun Penting untuk SPG

Kalau bekerja di pusat perbelanjaan, penting juga sih punya sedikit kemampuan Bahasa Inggris, secara turis nongol belum tentu sama guide. Misalnya kemarin malam, waktu ada dua turis India yang belanja sepatu dan jaket di Chandra. Sayang sekali mereka belanja di waktu yang mepet banget, toko udah mau tutup. Tapi karena kasihan pas mereka bilang ini hari terakhir mereka di sini, aku bantuin deh. Dan durasi belanja mereka lumayan lama sampe lampu udah hampir mati semua.

Setelah sekian lama, berbahasa Inggris jadi sesuatu yang ngerepotin. Udah lama ga latihan jadi lidah berasa keriting. Susah buat lancar lagi. Tapi lumayan senang juga bisa bantuin turis asing belanja, itung-itung show off sedikit kalo bisa bahasa Inggris. Hihihi..

But actually, it’s really unwise for some foreign people to go and do shopping without any guide because not all people can speak English very well. Miscommunication would always hinder the process, mostly in payment time. Kasihan juga kalo turisnya di begoin dengan bayar melebihi jumlah yang seharusnya dan ga ada yang mau ngoreksi karena mau dapet untung. Well, itu kan merugikan. Cuma yah, semoga bisa ketemu lagi pengalaman kayak kemarin, soalnya seru. Proved kalo English ta harus dipakai dalam pendidikan dan pariwisata. Dalam perdagangan, ternyata ada gunanya juga kan kalo SPG bisa bahasa Inggris. Muwehehehe.. *sombong dikit* Lagi pula kan turis asing ga terlalu mentingin soal harga, masih cukup tergiur sama diskon tapi biasanya langsung hayuk kalo udah suka. Ditambah dengan ngomong English sedikit lancar kan lumayan tuh ngomsetnya bagus (sekarang ngomongnya ngomset mulu nih..). Plus kalo ketemu yang ganteng, bisa cuci mata juga. Yang kemarin ini ganteng soalnya. Hahaha… ๐Ÿ˜€

Sayangnya ga minta foto bareng. Jaim sih… Gapapalah, siapa tau main lagi. ๐Ÿ˜› It’s always good to have foreigners come to Chandra Teluk Betung Dept Store, but at least they can do their shopping before the store is closed. And in case if you don’t know when, it’s before ten PM. And don’t accept SPGs demands to take pictures too much, please! Especially if you are the attractive ones. ๐Ÿ˜†

Hobi Dulu dan Sekarang

Hobi membaca ga bisa di lepasin, tapi ke toko buku buat hunting buku? Kayaknya ini jadi perbedaan yang cukup mencolok antara aku yang dulu dengan yang sekarang. Dulu semasa SMP, rela banget kepanasan di dalam angkot supaya bisa bawa pulang komik baru dari Gramedia. Sekarang, meskipun pulang pergi naik trans tetep aja ga bawa hasil. Padahal kalo dipikir lagi, pilihan bahan bacaannya lumayan menarik untuk dibaca.

Hari ini pas kebetulan lagi off, yang biasanya nganggur di kosan ga ngapa-ngapain jadinya kepingin nyoba hunting buku di Gramedia. Sebenarnya agak kesorean sih, habisnya udah kebiasaan kalo lagi off bawaannya ga mau gerakin badan. Jadi meskipun berangkat jam 3 sore, akhirnya malah nyampe jam 4 karena naik bus trans tuh aseli lelet banget. Dan alhamdulillah, niat beli buku malah ga kesampaian. Hahaha *ketawa miris*. Ngeliatin manga juga ga ada yang sreg, sampe kecewa sendiri karena niatnya kan udah dari kapan-kapan yah. Pindah ke Fajar Agung, sami wae. Padahal kondisi Fajar Agung lengang jadi harusnya lumayan tenang buat milih mana buku yang mau dibeli. Ehh.. Ga kesampaian pula. Pas perjalanan pulang, bawaannya merenung sendiri. Dulu penginnya sering ke Gramed buat liat buku baru yang terbit, sebodo deh bisa beli atau ga. Hari ini, cuma ngabisin waktu 3 jam aja berasa berat banget, apalagi dengan tangan kosong. Eh, ujug-ujug malah kepingin pergi ke Simpur Center atau Bambu Kuning, siapa tau ada baju bagus mumpung deket lebaran. Lahwalah, sekarang malah jadi lebih seneng sama pakaian dan makeup. Bacaan dan toko buku bukan jadi hal yang paling menyenangkan. Misalnya waktu liat seri Percy Jackson’s, rasanya udah tertarik pengin beli. Tapi mikir lagi, ‘Ah, bisa download e-booknya ini.” Dan akhirnya ga jadi. Aduh, aseli. Aku yang sekarang udah beda dari aku yang dulu! Atau mungkin juga memang belum saatnya kali ya, soalnya kebetulan belum gajian. Muhahahahah.. XD

Tapi kok jadi mikir juga, jangan-jangan ini karena udah kebiasaan ngatur budget buat makeup dan supplies bulanan makanya ga terlalu ngerasa penting buat beli minimal satu novel sebulan. Dulu sebelum ke Teluk Betung, ampe kebawa mimpi kepingin belanja buku di Gramedia. Ternyata eh ternyata setelah kesampaian, ga beli apa-apa. Hadehh… Untungnya masih ada kesempatan lain untuk main Ke Gramed, seenggaknya untuk bulan depan karena dua minggu depan ga dapet off day lagi berhubung sudah mau dekat lebaran. Semoga next time, ada buku yang bisa cukup menarik minat untuk aku beli, jadi ada kenangan juga selama tinggal di Teluk. ๐Ÿ™‚ Tapi kalo ga ada yang bisa menarik perhatian, mungkin aku bakal beli bukunya Bang Radit, soalnya aku belum pernah baca Marmut Merah Jambu ataupun Radikus Makan Kakus. Itung-itung mengisi hari dengan humor jayusnya bang Dika lah ya. Hahaha. ๐Ÿ˜€

TV in My Dorm

TV in my dorm room is not really a newest addition here. I’ve had it for about a month, and so far there’s no problem with it. Though my brother already knew, I had yet to tell my mother about the 14 inch TV bought by my dad. I think it’d be a bad news for her since I know how much she hates people spending too much money for unnecessary things. Practically, having TV is not much of use since I’m working for eight hours and sometimes too tired to watch anything on TV. But can’t someone blame me if I want a bit entertainment in my small room? And also, it’s only an old tube TV costed 200 thousand rupiahs.

My favorite programs I usually watch are three Indian series’ aired on ANTV; “The Adventure of Hatim”, “Mahabharata”, and “Mahadewa”. “Mahadewa”, or “Devon Ke Dev, Mahadev” for its original title, is my most favorite of the three. It fascinates me to watch the romance drama of Mahadev Shiva and his wife. It also becomes the main reason for me to start liking day shift, because in night shift I can only watch few episodes for a week.

The only thing that makes me feel annoyed about my TV is the noise coming from its inside. At first I felt so scarred because I thought something had damage it and asked my father to fix it, but he brushed it off by saying that the sound was nothing but the TV machine. I even asked some people in my dorm house who knew about machine, but they also said it was nothing. Even though it made me feel reassured, the noise is still an annoying thing I have to bear whenever I watch TV.

There was a time when I felt so annoyed with friends from another room who wanted to watch a program on my TV. She asked if She could be allowed to watch, and I gave it thinking that she wouldn’t be too rude when watching. It ended up with us watching the program for almost two hours and that was two in the morning. Not only that, they didn’t even tell me if they were too exhausted to continue watching and started to sleep with the TV still on. Really, that was really rude of them. That’s why the next day I told them I didn’t want to watch TV too late. I knew it’d make them feel I was too arrogant, but there’s no way I would let them disturd my sleep time just because they want to watch some program in the middle of night.

But after all, having TV is a luxury I would treasure so much. Though it’d also means I have to pay more for the rent (or not, who knows?), I think that’s not going to be a big deal. I still can afford with my salary. ๐Ÿ™‚

Berbuka di Tempat Kerja

Ada perbedaan besar antara ketika berbuka di tempat kerja dengan di rumah atau kosan. Di rumah, semuanya nyantai. Sholat ga keburu-buru, makan bisa dinikmati. Lain kalau di tempat kerja. Di kasih waktu 45 menit, ngejer waktu sholat dan berbuka. Jadinya ga terlalu nikmat. Waktu berbuka dibagi jadi dua, pukul 17:45 sampai 18:30 dan pukul 18:30 sampai 7:15. Meskipun ada banyak pedagang yang menjual takjil, belinya kan makan waktu apalagi saat ramai. Duh, ga keruan. Tapi serunya di waktu ini adalah buka bersamanya, karena bareng dengan banyak orang. Kalau di kosan, yahh… Cuma kadang-kadang aja buka puasa bareng sama temen kosan yang lain.

Berbuka di tempat kerja emang cukup menarik, tapi ngalaminnya selama seminggu sebenarnya ga enak. Kalau teman yang lain kan bisa di antarkan makanan sama orang tua atau kerabat dari rumah, jadi ga perlu pusing nyari lagi. Aku? Siapa pula yang bisa nganter. Ga mungkin juga minta waktu berbuka pertama terus mentang-mentang ga ada yang nganter. Tapi sedih juga lama-lama, soalnya jadi tersadar sendiri kalo sekarang ga ada yang bisa bantu. Semua harus sendiri. Pake uang sendiri, dan yang nikmatin juga sendiri. Kalau lagi di rumah, makan sedikit bisa jadi nikmat karena barengan dengan keluarga. Yaa bukannya ga berbagi sama temen yang lain waktu buka bersama sih, tapi keluarga dengan teman satu kerja kan beda. Cuma yahh.. Akhirnya mau ga mau harus menganggap teman kerja sebagai satu keluarga, soalnya susah senang secara ga langsung bareng-bareng. Enaknya di Chandra Teluk Betung, kebetulan orangnya ramah dan mau barengan. Jadi ga kerasa sepi banget gitu. Andaikan aja bisa ngalamin juga hangatnya buka bareng dengan keluarga sama kayak waktu di tempat kerja ya. Hmm..

Penginnya pas berbuka di foto biar keliatan suasana berbuka di tempat kerja yang rame dan seru. Tapi berhubung dilarang, jadi cuma bisa cerita deh. Intinya, ada bagusnya berbuka dengan orang yang buka keluarga, karena sebenarnya sama meriah dan hangat seperti dengan keluarga sendiri. Mungkin itu berkah puasa bulan Ramadhan kali ya.