Belajar English a la Annie Tjia

Evening people! Isn’t it such a beautiful and joyous Monday? Less than a week left until October. Wew.. Gx nyangka juga nih.. Kurang dari satu minggu hingga semester 3 dimulai, perasaan jadi deg-degan aja ya. Jia you aja deh!


Well, post ini masih dalam topik liburan post goal dan bahasa Inggris. Kemarin di post yang ini Aku udah bilang pengin ngasih tips belajar bahasa Inggris a la Annie Tjia. Setelah mikir-mikir, kayaknya rada susah nih.. Haha :p
Tapi secara garis besar, tips yang kujelasin dalam post ini gampang dilakuin kok, intinya cuma perlu sabar. So, kita mulai tips belajar English a la Annie Tjia dari point pertama;

1. Learn a lot, practice a lot.
As it says, you must learn as many as you can practise. Belajar sebanyak yang bisa kamu pelajari, dan berlatihlah sesering yang kamu bisa. Belajar grammar baru, lakukan latihan dengan soal-soal ringan yang berhubungan dengan grammar lesson tersebut. Temukan kosakata baru, cari artinya, latihan juga dengan mencoba membuat statement berisi kata tersebut. Belajar dan berlatih adalah dua hal yang gx bisa dilepaskan dalam proses mencari ilmu. So, walaupun bahasa Inggrismu secara lisan cukup fasih bukan berarti kamu gx perlu mempelajari grammar. Sebaliknya, kamu juga gx akan bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggrismu kalo gx berlatih. Ini adalah point yang sifatnya berkesinambungan.

2. Provide yourself.
If you want to learn English, provide yourself with anything that can help you learn easier. Mau info grammar yang lengkap, hunting bukunya di toko buku. Males ke toko buku, tanya mbah google. Mau terjemahan kata yang bener, pilih kamus yang bener pula. Jangan asal beli sehingga akhirnya cuma buang uang. Yang sampe saat ini masih jadi andalanku itu edisi Hassan Sadili dan Oxford. Jangan beli yang 1 juta, 50 juta, ato 1 milyar. Udah gx lengkap, kadang terjemahannya juga banyak yang salah. Terus buku grammar yang biasa di jual di pasar juga gx bermutu. Yang ada malah bikin bingung. So pinter-pinterlah nyari referensi yang bagus untuk membantu kamu belajar.

3. Learning methods
You will always need to use ideal learning methods for better results, maksudnya bahwa kamu perlu melakukan metode belajar yang tepat untuk menunjang hasil belajarmu. Kalo kamu tipe yang mudah menangkap informasi dengan penjelasan yang lebih detil dan menyeluruh, kamu pasti butuh banyak bertanya dan banyak mencatat. Karena itu, perhatikan setiap notice yang guru berikan dan langsung dicatat. Kalo kamu lebih suka belajar berkelompok, bentuk kelompok belajar. Atau bahkan jika kamu mudah memahami informasi dengan contoh konkrit, cari contohnya. Bisa dengan gambar atau video, atau bahkan lagu.

4. Make it fun and challenging.
Something fun and challenging excites people to do more. Challenges yourself with something fun, misal permainan atau kompetisi. Ada contoh permainan bahasa Inggris mengenai grammar yang caranya seperti ini;
Sebuah kalimat bahasa Indonesia sederhana di ubah dalam bahasa Inggris, tantang diri kamu dengan mengubahnya ke setiap macam tenses lalu di acak. Permainan acaknya dengan nulis setiap tense form di sebuah kertas terus dikocok. Yang kamu ambil adalah yang ditentukan untuk perubahan kalimat bahasa Indonesia ke b.Inggris. Dalam vocabulary building, kamu bisa bermain scrabble atau word building dari nama orang. Jadi, sebuah nama orang kamu acak hurufnya, kemudian kamu bentuk jadi kata bahasa Inggris. Lebih menantang lagi kalo kata tersebut di bentuk menjadi kalimat. Masih banyak kok cara lain, be creative!

5. Community power.
Find and build a community for sharing exchanges. Interaksi dan ikut dalam komunitas itu perlu lho, jangan salah. Komunitas bisa memberi banyak peluang yang lebih luas, gx cuma tentang belajar aja. Komunitas bahkan bisa bantu kamu menemukan solusi kendala dalam mempelajari English, Saling koreksi satu sama lain, atau ngasih info referensi untuk tugas. Seru kan?

6. Ask, Please!
Don’t be afraid of asking when you’re being confused or inunderstand about the materials. Bertanya itu sangat amat perlu. Jadi sebisa mungkin bertanyalah pada guru atau yang lebih mengerti kalo kamu bingung dengan materi English yang dipelajari.

7. Educate yourself in Social Network.
Kalo punya banyak waktu di Facebook ato Twitter, Kenapa gx gunain kesempatan untuk banyak belajar English lewat forum/group ato chatting sama native speaker? Ini bisa jadi latihan buat kamu lho.

Yep. Those are all people. Moga bisa bantu kalian untuk lebih mudah belajar English. Kita lanjut lagi kapan-kapan yaa..

Until later people😀

“Liburan Post Goal”.
Tentang “Liburan Post Goal”:
Liburan Post Goal: One Post One Day

One thought on “Belajar English a la Annie Tjia

  1. Pingback: Liburan Post Goal: One Day One Post « Randomzation of Annie Tjia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s