Purbasari Ultra-Smooth Brow Liner, How is it?

Kayaknya aku musti nyetop belanja makeup online deh.. tapi akhir-akhir ini emang rasanya guateeelll banget kepingin nyoba makeup product yang belum pernah aku jamah sebelumnya. Seperti Purbasari Ultra-Smooth Brow liner ini yang denger-denger dirilis Oktober 2018 lalu, bikin penasaran aja pas nongol di recommended list toko yang aku follow di Lazada. Sempet berhari-hari galau mau beli apa kagak coz pensil alis Wardah yang biasa aku pake juga masih utuh gitu, tapi terlalu tergoda ngeliat packagingnya. Yowes, aku beli aja barengan sama Emina Sun protection cream SPF 30 karena kebetulan kepingin beli sunscreen.

Dibungkus kotak karton glossy dengan beberapa keterangan seperti shade color, ingredients dan cara pemakaian, aku pilih warna soft black soalnya rada takut yang coklatnya ga nyatu sama warna alis aku. Lagian kalo pake warna hitam kan emang sesuai aja sama warna rambut asli, ngapain pake coklat segala. Pertama kali aku keluarin produknya dari kotak, yang terpikir “Wuidih panjang amat?!” Karena ada tambahan spoolie di opposite side pensil alisnya, jadi keliatan panjang. Well… Untuk ukuran harga Rp 35.000-an ke atas (harga online) udah termasuk murah kan tuh? Spoolie-nya juga lembut dan lumayan enak dipake buat ngeblend pensil alis. Sedangkan eyebrow linernya sendiri berupa automatic pen yang cukup diputer langsung keluar pensil alis berbentuk segitiga. Agak beda ya sama automatic brow pencil yang biasa aku liat kayak punya Mustika Ratu atau Maybelline. Tapi nilai plusnya adalah doski murah beud dan kemasannya badai kayak mahalan punya.

Seperti khasnya Purbasari, kemasannya pasti kalo ga hitam ya putih. Yang ini kebetulan kemasannya berwarna hitam glossy dengan label Purbasari berwana keemasan (label jenis produk ditulis pake warna putih) dan ada keterangan tanggal kadaluarsanya juga. Walaupun aku ga tau apakah browliner ini bakal jadi item favorit atau kagak, kayaknya kalo masuk pouch makeup rada-rada nambah gengsi ya bok wkwkwkwk ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Kayaknya juga ni pensil alis masuk ke seri Hydra Purbasari yang juga mengeluarkan produk compact powder dan BB cream. Aku belum tau berapa banyak jumlah produk yang termasuk ke dalam seri Hydra ini, tapi kalo pensil alisnya udah sebagus ini mungkin produk yang lain worth buat di coba.

Ga ada masalah berarti sih pas pengaplikasiannya, tapi masih termasuk susah menurut aku. Mungkin karena udah biasa pake pensil alis konvensional yang runcing kayak bambu para pejuang 45 (beh edan!) Makanya berasa kurang nyaman dengan bentuknya yang segitiga. Masalah intensitas warna sih tergantung pemakaian masing-masing ya, tapi warna soft blacknya ga sampe bikin merong kayak pake arang kalo diaplikasiin pelan-pelan. Ada yang bilang katanya ada ashy color di warna soft black ini tapi aku ga nangkep tuh, cuma kalo pada seneng makeup natural mungkin doi bisa jadi pilihan yang bagus. Kemarin sempet aku coba pake karena harus pergi ke Bank ngambil uang (di daerahku ga ada ATM 24 jam untuk BCA), masih harus dibantu pake pensil alis Wardah biar dapet presisi yang HQQ. Kayaknya kalo buat aku lebih cocok ni pensil alis dipake buat ngisi arsiran daripada ngebingkai, Soalnya ga gampang ngegumpal kayak si Wardah.

Warnanya kurang keluar kalau di foto, tapi cocok dipakai harian karena ga merong.

Aku kurang tau berapa kisaran harganya kalo di Toko, soalnya belum pernah cari produk Purbasari di toko atau pasar. (waktu kerja juga ga pernah make Purbasari sih). Kesimpulanku untuk produk ini;

Yang aku suka;
1. Tampilannya bagus kayak bukan produk lokal. Personally aku suka dengan tampilan produk yang ga neko-neko kayak gitu, kesannya berasa “Mahal” kan yah.
2. Untuk ukuran automatic eyebrow liner, menurutku kualitasnya bagus dan harganya murah. Kalo pake pensil alis Wardah kadang bikin sebel sama teksturnya yang gampang menggumpal, tapi Purbasari brow liner ini ga separah si Wardah. Masih enakan lah kalo diblend dan karena blendernya berupa spoolie yang lumayan lembut jadi makin puas sama produk ini.
3. Warnanya ga merong jadi kesannya natural. Cuma kayaknya jadi tricky kalo mau bikin yang agak tebelan. It’s ok sih sebenarnya, sekarang ini aku lagi kepingin pake alis yang ga terlalu merong biar makeupnya ga sangar-sangar amat.
4. Praktis karena ga perlu di raut kayak pensil alis biasa dan ga ada bau kayu yang menyengat. Kayaknya ini memang nilai plus dari semua automatic brow liner yang pernah ada.

Yang ga aku suka;
1. Kayaknya ni pensil alis masih termasuk produk yang jarang ada di pasaran. Walaupun aku belun survey ke pasaran, tapi sebenarnya produk-produk seperti Sariayu, Mustika Ratu atau Purbasari itu jarang banget bisa aku temuin di daerahku karena semua toko kosmetik rata-rata didominasi sama produk Wardah dan Pixy. Well… Aku tetap harus sabar kalo mau repurchase karena bisanya cuma lewat online.
2. Perlu penyesuaian untuk menggunakan automatic brow liner kayak gini. Aku baru bener-bener ngerasa nyaman makenya setelah beberapa kali pengaplikasian. Terus, harusnya sih bentukannya jangan segitiga gitu sih.. kalo bisa seharusnya lebih pipih atau sekalian bulet kayak eyeliner. Mungkin buat ngebedain kali ya.
3. Isinya ga sebanyak pensil alis biasa kurasa. Yahh… Udah wajar sih.

Apakah aku bakal repurchase? Sure, tapi kalo emang perlu – perlu banget. Gimana yak, mesti beli via online tuh rada ribet dan makan waktu deh. Dan aku masih punya pensil alis Wardah yang utuh juga jadi agak sayang kalo ga kepake. Tunggu abis dulu kali yah hahaha.

Sariayu Putih Langsat Peel Off Mask

Akh… Akhirnya aku punya bahan buat review masker. Sebelumnya cuma muter – muter di masker alami dari endapan air beras sama madu+kopi aja, sekarang aku bisa ngeshare mainan baru. And as always, Sariayu emang brand paporit akyu deh.. aku ga tau lho kalo Sariayu ada peeling mask yang modelnya gel transparan. Biasanya kalo beli produk dari Brand ibu pertiwi ini palingan pensil alis, eyeshadow tricolor sama 3 in 1 cleansernya. Dulu pas masih jaman lipstik mini Sariayu meraja lela pasti ga bakal ketinggalan buat nyetok, eh.. sekarang udah ga ada. Duduhh rasanya sedikit excited buat ngeshare ni produk hehehe…

Sariayu Peel of mask Putih Langsat ini konsistensinya berupa gel yang lebih cenderung keruh ketimbang transparan dan lebih cair dari yang terlihat. Dibilang lengket banget sih ga segitunya, tapi kalo nempel di rambut emang susah banget buat dibersihin. Kalo diaplikasiin di muka sedikit kerasa sensasi dingin, dan di mukaku entah kenapa pasti ada rasa sedikit perih setelah dinginnya hilang. Tapi ga seperti peeling mask lain yang pernah aku coba (you know lah yang warnanya hitam itutuhh), ngaplikasiin di muka gampang banget dan ga seberat yang aku kira. Pake jari aja juga ga masalah (tapi jarinya harus bersih yahh) dan mukaku fine – fine aja setelah rasa perihnya hilang. Pas kering juga ga narik banget ke kulit jadi gampang aja buat peeling maskernya, dan ga perlu dibilas lagi setelahnya. Kalo lagi maskeran pake peeling mask ini selain ga malu dikira pake topeng juga ga bikin susah ngomong. Biasanya aku maskeran pas lagi jaga warung siang di siang hari dan happy ajah karena ga bakal ngagetin orang. Cara pakainya; tinggal diratakan ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 10-15 menit. Kalau sudah mengering tinggal ditarik aja dari kulit, dan seperti yang aku sebutkan tadi, penarikan masker dari muka ga bakal bikin muka perih karena dasarnya ga kenceng-kenceng banget nempel di kulit.

Claim dari Sariayu Peeling Mask ini yaitu;

Masker Peel Off yang praktis digunakan tanpa perlu dibilas. Mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati, menjadikan kulit bersih, segar, dan lembut. Ekstrak buah Langsat, ekstrak bunga Hibiscus, Vitamin C, dan provitamin B5 membantu melembapkan dan membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

Wangi Peel off masknya kayaknya kecampur sama bau alkohol yang menyengat, tapi untungnya di aku sih ga begitu bikin risih. Dikemas dengan tube berwarna hijau seberat 75g, dapetnya lumayan lho untuk harga di bawah 30ribuan perak. Pas masih baru biasanya masih ada segel di dalam lubang tube, beneran aman dan higienis kalo kebetulan kalian belinya via online shopping. Harganya juga murah lho, sekitar Rp 26.000,- dan mungkin di tempat lain juga ga nyampe angka 40ribuan. Yang bikin susah cuma tempat nyarinya, kecuali kalau langsung dateng ke konter kosmetik khusus Sariayu. Kayaknya aku pernah sekali liat masker ini di Chandra Superstore (Bandar Lampung), cuma sebelumnya ga pernah tertarik beli dan saat itu aku juga ga begitu suka maskeran. Agak nyesel juga kenapa ga mau nyoba hahaha ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.

Yang aku suka dari Sariayu Peel Off mask :
1. Kemasannya praktis, higienis dan jelas aman karena ada segel foil di dalam lubang tube. Jadi bisa tahu barang yang dibeli masih beneran baru atau udah kena sentuh tangan ga bertanggung jawab.
2. Makenya gampang dan ga ribet. Bisa diatur berapa banyak gel yang harus dipake dan bisa diaplikasikan dengan jari.
3. Ga terlalu narik banget ke kulit jadi mau dipake setebel apapun ya jadi aja.
4. Ga berwarna; konsistensinya kan gel transparan jadi pas maskeran ga bakal menarik perhatian orang.
5. Setelah maskeran kulit kerasa kenyal dan lembut banget. Ga bikin kering atau kerasa perih setelah maskernya dilepas.

Yang ga aku suka :
1. Kalau kondisi lagi panas banget atau dengan kondisi kulit aku yang gampang berkeringat, sebenanya butuh lebih dari 10-15 menit (waktu yang diperkirakan) supaya maskernya mengering. Malahan aku sampe harus pake bantuan kipas angin karena susah banget buat keringnya. Yang jelas kalo buat yang kondisi kulitnya gampang berkeringat kayak aku mendingan pilih waktu malam hari aja untuk pake masker ini.
2. Baunya cukup strong karena kecampur antara bau bahan herbal sama alkoholnya. Untuk orang yang ga suka bau produk yang strong mungkin ga nyaman dengan masker ini. Untungnya untuk aku yang biasanya sensitif sama bau produk yang menyengat, make Sariayu Peel off mask fine-fine aja.
3. Agak susah ngebersihin sisa produk yang nempel, terutama kalo nempelnya di rambut.

Well.. masalah repurchase sih belum tau ya, sejauh ini aku suka sama masker dari rangkaian ‘Putih Langsat’ Sariayu ini. Cuma masih kepingin nyoba jenis masker yang lain biar tau mana yang paling cocok untuk kupakai. Akhir-akhir ini juga karena lebih sering make sleeping mask dari Viva makanya masih lumayan banyak. Tapi menurutku masker ini cocok banget dipake sebelum makeupan, karena jatohnya bikin muka lebih bersih dan ga terlalu berminyak which is enak banget sebagai starter buat dandan.

Esenses akhirnya Official

Waterproof volume mascara dari Esenses kebetulan jadi salah satu produk wajib yang aku pakai sejak awal kerja sebagai SPG. Alhamdulillah banget selama kerja dapet ilmu permakeupan yang mumpuni dari teman kerja dan para senior, jadi ga bego-bego banget kaan kalo mau kondangan atau acara formal mesti gimana biar syantik. Eh eh pas lagi iseng buka youtube, si Esenses besutan PT Aulia Cosmetics Indonesia ini sempet di review sama salah satu beauty vlogger yang lumayan nyentrik karena si doi nih lanang cuy (FYI aku ga tau orientasinya apa yaa tapi kan dia beauty enthusiast so it’s safe to say dia tuh pretty boy). Awalnya aku ga yakin brand Esenses yang direview itu sama dengan yang udah aku pakai dari 4 tahunan yang lalu, apalagi produknya lumayan banyak dari cushion, eyeliner, sampai lipcream. Tapi begitu si mascara dewanya muncul, ohemji aku terpukau. Hebat sekali kamuh Esenses, sekarang kamuh sudah official. Aku ketinggalan berita lho yaa… Tapi pokoknya congrats. Lempar bunga deh buatmu.

Kalo mau ngomongin perkembangan Essenses, aku akuin doski cukup menjanjikan dengan ngasih brand image yang kekinian banget. Agaknya semangat juga produsennya ngikutin trend pasar kosmetik yang lagi perhatian soal kemasan. Dulu packaging mascaranya ga coklat doff dengan label gitu kayak sekarang ini, tapi lebih ke hitam glossy dengan corak seperti batik berwarna fuschia. Setahu aku namanya juga dulu bukan Esenses, tapi Evany Senses. Jadi kalo nyari mascara di pasar atau toko kosmetik sering juga bilangnya “Mascara Evany”. Sebenarnya aku suka tampilan yang lama karena warnanya hitam, tapi yang sekarang jadi keren banget sumpah kayak elegan banget. Kotak kemasannya juga ga ada gambar popart cewek amrik gitu, tapi lebih ke warna pink pucat dengan label warna hitam. Entah ya kalo sekarang, tapi dulu mascara Essenses tersedia ga cuma warna hitam, tapi ada warna birunya. Sayangnya karena warnanya kurang keluar dan mascara warna biru kurang populer jadi jarang ada yang nyari.

Kemasan lama Esenses, dulu namanya masih Evany Senses (taken from Google).

Kemasan Esenses yang baru dan unyu-unyu (taken from Google).

Untuk kemampuan mascaranya sendiri, aku setuju banget sama review si beauty vlogger kalo essenses ga ngasih volume yang wah dibanding mascara yang lain. Malahan jatohnya lebih ke manjangin daripada bikin tebel, dan harus di apply berulang kali kalo emang ngebet kepingin bulu mata badai. Bentuk brushnya lebih lurus sebenarnya, jadi kalo udah terbiasa dengan bentuk brush mascara yang melengkung mungkin agak ngerasa susah saat pengaplikasian. Kalo membandingkan dengan QL mascara yang akhir-akhir ini sering aku pake, Essenses lebih lama keringnya apalagi kalo di aplikasiin agak banyak. Makanya dulu aku ga begitu sering menggunakan mascara karena males kalo harus ngebersihin bekasnya yang belepotan di bawah mata, apalagi kalo buru-buru. Essenses tuh memang jenis mascara yang bakal smudge parah banget kalo accidentially nempel di muka. So kalo ada yang mau coba, mendingan hati-hati supaya ga belepotan kemana-mana.

Selain itu, mungkin banyak yang kurang suka sama efek spidery alias bentuk bulu mata yang jadi mirip kaki laba-laba kalo di apply berulang kali. Mungkin itu akibat kemampuannya yang bisa manjangin bulu mata kali’ ya. Ngebersihin mascaranya pun mesti hati-hati karena meskipun termasuk gampang dibersihin (tanpa remover juga bisa), kalo kena air tau-tau bisa jadi ngenggumpal dan berjatuhan ke muka. Itu pengalaman yang paling sering aku alamin kalo pake mascara Esenses dalam jumlah yang banyak terus abisnya mesti wudhu buat sholat. Makanya kalo lagi ga berhalangan, aku cuma pake seperlunya aja dan baru all out kalo lagi masuk masa menstruasi. Huehehehe… (Kalian bisa perhatiin dari insta-story yang aku ambil, bulu mataku jadi lebih panjang tapi jatohnya keliatan “spidery” dan ada smudge di bawah mata. Karena posisinya juga udah panas banget dan aku udah males buat bersihin muka, ya udah aku biarin aja sampe sore biar sekalian dibersihin waktu mandi).

Aku udah jadi langganan Mascara Esenses dari jamannya masih seharga 15ribuan sampai sekarang mencapai angka Rp 20,000an. Kalo kalian kepingin beli langsung dari penyalur aslinya, sekarang PT Aulia Cosmetics Indonesia sudah membuka official store di Shopee dan Lazada. Harga yang dibandrol di Lazada sih Rp 17.000,- tapi biasanya di Shopee lebih murah. Sumpah aku penasaran banget kepingin nyoba Eyeliner sama Cushionnya karena eyeliner adalah benda favoritku dan dalam bermakeup sementara harga cushionnya termasuk jajaran cushion termurah. Iihhh terus yah pas kemarin aku mampir ke ofc-store Lazadanya, ternyata doski jual micellar water juga. Waooo jadi kepoh abis kepingin nyoba, sayangnya belum ada fitur COD untuk yang Lazada. Kalo di Shopee gimana ya? Ada yang udah beli?

(Update : Aku udah nyoba nyari review mengenai Esenses di Youtube dan ternyata udah ada beberapa youtuber yang bikin one brand tutorial untuk brand ini. Aduh aku emang telat banget kali ya hehehe… Salah satunya bisa kalian tonton di bawah ini.)