SPG Ngobrolin : Dillema Makeup

Makeup itu memang dilema perempuan. Dulu sebelum kerja ga pernah pusing sama warna-warni pemulas wajah, cukup pake bedak sama eyeliner doank trus capcus dah kemana-mana. Kalo diinget lagi, aku sering banget ngalamin ‘muka topeng’ gegara salah bedak. Dulu kan masih cabe sih ya, hahaha.

Sekarang mah malu atuh kalo kerja diantara para wanita cantik trus bawa muka topeng jaman bien. Mau ga mau dakupun mulai belajar pake makeup yang bagus. Lagian di kerjaan udah macam kelas makeup, senior-senior pada ribut ngomongin produk makeup yang bagus sementara pasukan Shaun The Sheep (alias anak-anak training putih-hitam) diam-diam ngeliatin SPG lama lagi dandan. Jaman aku masih training dulu ya gitu, sampai kadang jadi malu sendiri kalo nimbrung dandan bareng anak lama. Pernah waktu itu masih pake compact powder Fanbo Gold yang harga 12rebuan langsung dikomen, “Wah, ini sih bedak emak gw!” dengan susulan tawa membahana. Kalo tahan malu ya palingan ikutan ketawa aja deh.

Aku mulai pake produk makeup ‘branded’ pun karena rekomendasi Emak. Waktu Emak bilang kalo Wardah Lightening two way cake bagus dan tahan lama, pas gajian aku coba deh beli dan pake. Setelah pake beberapa bulan pake aku sadar kalo tekstur bedak Wardah emang padat banget sehingga wajar tahan lama. Beberapa temenku yang lain lebih prefer La Tullipe Compact Powder padahal harganya sama wae sih. Aku ga pernah nyoba, tapi sekali liat udah tau bedaknya padat ga ketulungan jadi sama aja sih mau pake yang mana. Lagian aku juga ga mau sering-sering gonta ganti bedak daripada kena resiko iritasi kulit. Dan dari perubahan pilihan bedaklah jadi nyamber ke hal lain, seperti moisturizing cream buat makeup base, eyeshadow kit, lipstik sampe ke blush on. Dari yang ga pernah pasang budget makeup lebih dari goban akhirnya mau ga mau harus pinter ngatur gaji biar semua kebeli. Inilah dilema pertama, pengin cantik tapi ga sejalan sama budget. Makanya aku nulis di post sebelumnya kalo makeup itu one rule only; siap nyoba atau mending ga usah sama sekali.

Kalo kerja ga nuntut makeupnya mesti lengkap dan at least enak diliat sih aselinya ga guna juga ngoceh ginian. Abisnya buat apa pula pusing kalo ga wajib kan yah? Sayangnya ini wajib, dan dilemanya jauh lebih berat ketimbang masalah bugdet. Namanya juga wajib, harus ada, sedangkan belum tentu kondisi keuangan memadai. Contoh kecil aja waktu blush on aku habis sementara sisa uang gaji cuma cukup buat makan doank. Akhirnya darurat beli blush on murah meriah meskipun akhirnya jerawat nongol satu-satu di pipi dan kadang suka berasa gatel kalo udah berjam-jam dipake. Mau gimana lagi, Lebih baik gitu daripada dibilang Supervisor kayak abis aborsi lah atau semacamnya. Sekedar warna lipstik pun juga ga ketinggalan bikin repotnya. Ga punya lipstik merah cabe jangan harap boleh masuk area kerja. Akhirnya kadang harus beli lebih dari 1 jenis warna lipstik, karena takutnya lagi asik kepingin pake lipstik warna favorite eh taunya di suruh ganti warna merah. Boros dah akhirnya. Gimana ga dilema tuh kalo tiap hari gini?

Sebenarnya bukan cuma masalah di atas, kalo mau di sebutin satu-satu gemporlah tangan adek bang. Tapi semua cewek pasti ngalamin dan bisa relate dengan dilemaku soal makeup. Dengan masalah-masalah tersebut aku harus tetep retouch makeup minimal 2-3 kali selama jam kerja. Minimal tiap bulan repurchase bedak dan lipstik jadi averagenya ya IDR80k per bulan. Ditambah dengan keperluan lain dan bayar kosan maka keinginan lain dengan berat hati harus dipendam dalam-dalam (beli buku misalnya). gajiku 1,5 juta per bulan dan sisanya paling dikit berkisar IDR300k-500k. Berasa jadi wonder woman ini yah ahahaha.😀

In case if you’re wondering, ini peralatan perang bulanan aku;
1. Pixy Radiant Finish Lightening Cream, variant Complete Barrier. Sampe saat ini masih ampuh nyatu sama bedak yang kupake.
2. Wardah Lightening Two Cake, No. 01 Natural Beige. Yang selama ini cukup cocok di kulit dan keliatan proses mutihinnya.
3. Sariayu Black Eyebrow Pencil. Lembut dan pekat jadi ga perlu tebel aplikasi udah langsung kelihatan warnanya. Tadinya pake yang Pro tapi ga cocok buat aku yang gampang keringetan.
4. Mirabella Eye Shadow Kit. Awet banget jadi wajar harganya agak mahal karena staying powernya dijamin.
5. Nonna pink Pro Make Up Blusher. Merk lokal tapi hasilnya bagus kok di mukaku.
6. My darling Liquid Eyeliner dan Pixy Black Eyeliner Pencil. Buat upper dan lower lid, tapi jarang pake Pixy karena bikin mata berair mulu.
7. Evany Senses Mascara. Murah, gampang di bersihin, tapi kalo waterproof sebenarnya ga juga. Kalo aplikasinya tebel buat nambahin volume trus kena air (misal pas wudlu) Bakal melting, kayak nggumpal di bulu mata. Jadi aku jarang pake tebel-tebel.
8. Lipstik : Pixy Silky Fit Satin Lipstick “Strawberry Pink”, Beauty Kiss 3D liptint, Viva Lipstick No. 5, Pixy Pink Lip Colour Conditioner. Semuanya dipake lho. Ganti-ganti tapi.

2 thoughts on “SPG Ngobrolin : Dillema Makeup

  1. Dear Annie Tjia…. Gue SENENG BANGET baca tulisanmu ini! TOP deh, sayang ga ada logo jempol disini kalo ada pasti gue klik 4 kali jempolnya. KENAPA GUE SENENG? Pertama: Bahasanya bahasa yang loncer, gue sih ORBET (Orang Betawi banget) artinya lahir -gede-ampe tue di Betawi minus waktu belajar en tugas kerja di dalam en luar negeri. Kedua: Gue seneng sbab biarin udah tua bangka masih tetap berupaya make kosmetik (biar ati seneng) Walaupun memang terkadang “It’s a waste of money for me. Jadi gue copas resep elu buat entar kalo mesti ganti stock udah tau apa nyang perlu dibeli, kalo lagi ada dokunya.
    Trims & Salam Blogger ya.
    laniratulangi (umur 82 taon hahaha !, tapi beneran.)

Leave a Reply

