Adventure of Merantau : Ngekos

“… Lagi apa..?”

“… Lagi di Kosan.”

“Di Kosan? Kosan siapa? Di Mana?”

Semalam lagi mati lampu plus hujan, smsan sama Ikhwan beginian. Ternyata diriku lupa ngasih tahu kalau sejak Senin mulai ngekos. Hehe… Aku jadi anak kos nih kakakkkk!!! Jujur aja ini merupakan hal yang sangat baru buat aku, tapi setelah 2 hari ngejalanin ternyata gx sesusah yg dipikir. Masak nasi, tetep. Malah sekarang ngerti gimana masak nasi pakai uang sendiri. Beli sayur harga dua ribuan, sama kayak beli jajan. Nyetok telor dan mi biar gx laper waktu masuk pagi. Lain2nya ya kosmetik dan alat mandi. Hadew.. Dihitung2 mah sama wae yaa…

Tapi pas ngobrol sama temen sekamar kos soal ngatur gaji dan pengeluaran, sayangnya dia agak ketagihan sama fasilitas limit card Chandra yang harusnya ditujukan untuk karyawan. Padahal membeli barang dengan limit card sama aja hitungannya ngutang; ngisi cek limit card dengan nominal sesuai keinginan terus belanja dengan jumlah nominal sesuai cek. Ntar bulan depan baru di bayar. Aku pernah nebeng belanja LC sama SPG lama, tapi cuma lipstik harga 15 ribuan. Itupun pas lagi diskon 20%, jadi harga 12 ribuan. Gitu-gitu udah pusing aja, takut ntar pas waktunya bayar ga ada duit. Untung aja paranoid lebaynya ga terjadi, tapi entah kenapa hal itu bikin risih sendiri. Apapun bentuk dan namanya, kayaknya ngutang itu ga enak kan ya? Mending kalau masih di bawah 100 ribu, tapi kalau angkanya mencapai 300 ribu, bukannya bakal susah?

Banyak banget wanti-wanti orang soal kos. Belanja harus irit-irit, beli yang memang perlu, atur pemasukan dan pengeluaran daripada kritis di tanggal-tanggal tua menuju muda. Bener lho, meskipun hitungannya baru 3 hari ngekos, aku udah sering ngeliat contoh-contoh anak kos yang ga bisa ngatur pengeluarannya padahal jumlah uang yang dimiliki sudah lebih dari cukup. Entah yang dibeli itu apaan, tapi masa iya sampe ga bisa bayar uang sekolah 5 bulan? Jelas donk pasti uangnya ga diatur dengan baik?

Hal-hal semacam itu kadang-kadang bikin aku sering was-was kalau mikir hidup ngekos. Paling kentara itu adalah godaan hutang. Karena ajaran Emak tentang hutang itu melekat keras; mending kelaparan daripada berhutang, aku ga suka berhutang. Tapi sekuat-kuatnya kita berusaha menghindar dari godaan tersebut, pikiran bisa khilaf juga. Sama kayak temen kosanku dan hutang limit cardnya. Kalo denger ceritanya aku jadi geleng kepala sendiri dan bersyukur sama Tuhan yang ngasih aku sifat ga gampang terlena sama barang bagus. Lagipula, buat apa beli barang mahal tapi jarang digunakan. Sebagian waktu kosong cuma kepake buat istirahat total. Kutanya si temen baju-baju mahalnya dipake pas kapan, jawabnya ya sama aja, pas kondangan. Duh, no thank you. Aku ga mau begituan. Bisa rugi dan bawaannya cuma nyesel aja yang ada. Tapi pertanyaannya;
bisa atau gx? Namanya dari kecil ga pernah bener-bener hidup sendiri. Cuma taunya mangan-turu-beresan-masak mi telor-nyuci aja. Sekarang mangan nggolek dewe, turu yo barengan konco, beresan kamar kos, masak mi telor tuku ndisik, mandi en nyuci ngantri pula. Hahahaha :mrgreen:

Adventure of ngerantau masih berjalan dan ada episode baru : kehidupan ngekos. Hohoho.. Doakan aku ga mokad yhaa… *kipas-kipas santai di kamar kos*

4 pemikiran pada “Adventure of Merantau : Ngekos

  1. Semangat Mba Annie. Sebagai orang yang berpengalaman ngekos, kata sayah mah tenang ajah. Hahahaha.a salkan gak tergoda utang kayak yangd itulis di sini, you will be hang in good kok. Semangat yaaa.

    • Hehe, musti belajar banyak dari yang ahli niih.. *sungkem*
      Iya nih Mas, ngeri juga kalo sampe kegoda sama yang namanya hutang. Namanya juga ngakalin biar bisa kebeli ini itu tapi tetep bisa makan, eh akhirnya kepingin ngutang. Aku ngeri kalo udah begitu. Ketagihan terus ga bisa bayar, wah.. Seterusnya gaji cuma buat bayar hutang deh..

Tinggalkan komentar