Backup Data

Walah, lama absen dari blog. Tau-tau udah bulan September aja deh.. Padahal sebelumnya dalam seminggu bisa 3 atau 4 post dipublish, tapi gara-gara waktu seharian terkuras bantuin Emak berjualan lontong sayur jadinya lupa terus mau posting di blog. Haha.. Selain itu, aku lagi aktif di Twitter dan blog English fans JKT48, makanya bawaannya kesono mulu deh.. Lagi volunteer translating dialog di program JKT48, ngetiknya baru bisa malem karena siangnya kan ga sempat. Akhirnya laptopku dipake lagi deh setelah sekian lama cuma jadi media browsing si Ali. Paling banter kalau makaI laptop ya baca novel aja sama edit-edit foto. Sekarang ada kerjaan dikit, berasa kayak lagi ngerjain tugas akhir ya. Hehehe..

Ngomongin laptop, beberapa hari yang lalu aku sempet terkena kejadian naas. Biasa nih penyakitnya laptop kalau lagi error, tiba-tiba ada aja file yang hilang waktu diperiksa. Niatnya pengin nyelesain novel Will Grayson, Will Grayson karya John Green, ternyata waktu diperiksa semua file Epub dan PDF hilang gitu… Yang jumlahnya udah ada kali 200-an. Aihh… Langsung lemes, mikir-mikir gimana mau download novel-novel yang dulu susah banget dicari. Terus kuperiksa deh Flashdisk yang kupunya, dan alhamdulillah ada backupnya. Tapi sayang banget ternyata masih banyak file yang missing karena backup filenya itu ada di flashdsik yant jarang banget aku pake. Ckckck.. Ya gapapalah, daripada ga ada sama sekali kan ya?

Aslinya aku emang males banget sama perkara backup data di flashdisk. Habisnya udah ribet duluan.. Segitu banyak file ga tau mana yang musti dianggap cukup penting untuk dibackup. Ntar kalau semua dibackup, ngabis-ngabisin kapasitas penyimpanan Flashdisk aja. Padahal sebenarnya punya 3 buah, masing-masing kapasitasnya 4 GB. Tapi yaahh… Kita kan ga tau ya pas dipakai di warnet atau di PC orang lain ga taunya ada virusnya gitu, sama aja bohong kalau yang udah di backup pun juga hilang. Bawaannya serba salah… Terus, soal penting ga pentingnya data juga ga tentu sih.. Kadang lagi butuh banget berasa harus di backup terus buat jaga-jaga. Tapi pas udah jarang dibutuhkan, boro-boro mau dibackup.. Padahal masih bisa dipakai lagi nanti justru malah main hapus aja. Seperti kejadian di atas nih, sebenarnya bukan berita baru. Udah keberapa kalinya gitu file hilang tiba-tiba, tapi masih males juga mau backup datanya. Ckck..

Kayaknya mesti driver penyimpan file yang kapasitasnya besar nih daripada harus pusing-pusing milih mana yang mesti kudu di backup. Duhh… Tapi budget nipis… Hiks…

4 thoughts on “Backup Data

    • Hmm gitu ya pak. Saya lumayan trauma sih backup online, keseringan kehapus gitu jadi bawaanya malas juga.
      Tapi kayaknya kalo laptop suka ngilang data2nya mungkin bakal coba cara online deh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s