Komentar “N-xxx”

Inget banget pas masih di Zonamobile, kalo publish post di blog ada aja yang komentar yang isinya “Pertamaxxx”. Kadang sampe bingung ngeliat komen-komen setelahnya juga sama-sama aneh, soalnya ngurut gitu jadi “Keduaxxx” “ketigaxxx” dan seterusnya. Sebenarnya risih setiap ada yang komentar begitu di blog, tapi mau gimana lagi… Kan ga bisa di atur orang mau komentar apa di blog kita. Paling kalo udah kenal baik baru sedikit menghargai tulisanku dan mau ngasih komentar yang benar. Bukannya ga seneng ada yang komentar, aslinya alhamdulillah mereka masih mau ngomen. Namanya juga di komunitas mobile, pengguna banyak pun juga belum tentu ada respon yang bagus pas nerbitin post di blog. Meskipun bukan kesengajaan waktu aku mulai non-aktif di Zonam ga taunya beberapa waktu kemudian akhirnya zonam juga non-aktif, kalo masih aktif pun aku udah ga terlalu niat melakukan aktivitas blogging di sana. Kenal sih kenal user-usernya, tapi ga menjamin komen mereka juga sepadan dengan post yang diterbitkan. Yah… Untung aja di forumnya udah ada peraturan ketat untuk hal-hal semacam itu (reply cuma pendek-pendek dan OOT di larang), tapi sayangnya ga berlaku buat komentar di blog.

Hal yang sama waktu aku iseng mampir ke forum lain, threadnya sebenarnya bagus dan aku udah ngarepin responnya juga aktif. Tapi ternyata lagi-lagi ada aja komentar “pertamaxxx” nyelip di kolom komentar. Seperti isinya, munculnya paling pertama. Yo halaah.. Risih masbro. Jadi lupa mau ngasih respon apa cuma gara-gara liat si “Pertamaxxx” ini. Haha… Emang sih, aku ga tau kenapa komentar seperti itu ada dan jelas hal tersebut ga ada hubungannya dengan aku, tapi tetep aja sebel. Ga puas gitu, masa iya thread isinya malah orang lagi belajar berhitung “Pertamaxxx” “Keduaxxx” dan seterusnya?

Kadang pula aku suka mikir sendiri, apakah segitu susahnya memberikan komentar yang lebih ‘proper’ alias sesuai ketimbang hanya sekedar ngabsen? Memang kalo cuma silent reader, si blogger ga akan tahu siapa yang baru saja membaca atau sekedar mampir ke blognya. Tapi kan masih ada cara lain untuk meninggalkan jejak, ga perlu di artikel blog yang mereka buka (ini kalo di blog ya). Bisa di guestbook, kalo ada page yang khusus disediakan sebagai buku tamu; profil page, kalo kolom komentarnya dibuka; atau cara-cara lain. Kayaknya aneh aja ngeliat komentar seperti itu, apalagi kalo tempatnya adalah forum. Forum kan tempat berdiskusi ya, bukan spamming. Kecuali ada yang inisiatif, daripada kemana-mana tebar komentar pertamaxxx sampe seratuxxx di mana-mana mending bikin satu thread khusus di forum dimana user-user bisa lomba dulu-duluan posting komentar urutan “N-xxx”. Kali-kali bakal seru tuh… πŸ˜€

Untungnya sih di WP aku ga banyak ketemu komentar seperti itu, meskipun pernah ngalamin kebanjiran spam sampe pusing sendiri. Tapi apapun komen yang diposting di blog-ku tetep bikin aku berbunga-bunga.. Hehe… Thanks berat buat yang udah mengomentari post-post di blog aku. Doain aja deh suatu hari nanti bisa bikin GA atau award, tapi nantiiiiiii yaaaa….. Kalo sekarang masih malu-malu meong soalnya blogku kan masih bau kencur… ahahaha.. XD XD

Kukuku Sayang

Aku ga suka manjangin kuku karena gampang kotor dan patah. Tapi juga seneng kalo liat kuku yang bentuknya bagus dan panjang, apalagi bisa di percantik dengan kuteks atau pacar. Ga perlu pake kuteks maupun pacar/henai, ngeliat bentuknya aja indah dan rapi aja udah seneng. Soalnya jari-jari tanganku rada bantet dengan kuku pendek, jadi kepingin banget selalu manjangin kuku biar kesannya jadi kurus dan panjang. Sayang ya, kalo ga keseringan patah atau rusak bagian pinggirnya sih ga masalah mau kupanjangin terus. Apalagi pas bagian yang rusak itu bikin rambut atau benang nyangkut (ini bisa terjadi beberapa kali dalam sehari) duuhh… Rasanya jengkel nian. Tapi tetep yaa.. Sebagai cewek ga bisa tahan ngeliat bentuk kuku yang panjang dan melengkung rapi, bawaannya ngiri hahaha… πŸ˜› Ngeliat nail art yang kece-kecenya bukan main, apalagi yang 3D tuh.. Siapa yang ga kepingin menghias kuku dengan seni melukis seperti itu. Lama-lama malah jadi inget sama Gals yang menceritakan cewek-cewek remaja Jepang yang identik dengan dandanannya yang modis banget, termasuk nail art yang sudah jadi budaya bagi para wanita Jepang.

Hal yang juga paling sering bikin aku suka males punya kuku panjang adalah kebiasaan suka mencakar dan menggaruk dengan keras tanpa sengaja. Pernah ada kejadian waktu bangun pagi, tiba-tiba pas ngaca keliatan sebuah luka merah di dekat bibir. Lebih parah lagi luka tersebut seperti kulit yang terkelupas, sehingga aku nyadar kalo ini bekas cakaran kuku sendiri. Rasanya ngeri juga ngebayangin secara ga sadar kita melukai diri sendiri gara-gara punya kuku panjang. Ada juga kejadian waktu aku ga sengaja menggores bola mata dengan kuku yang panjang. Duuh biyuuungg… Ga terkira sakitnya. Untung gapapa nih mata. Kejadian itu sempet bikin aku trauma sampe setiap liat panjang kuku nambah 1 milimeter langsung cepet-cepet nyari gunting kuku. 😐

Kalo kata orang, “Beauty is pain”. Mau cantik itu memang bikin sakit. Termasuk hal sepele seperti memanjangkan kuku, bisa jadi sesuatu yang berbahaya juga buat diri sendiri bahkan orang lain. Eh.. Tapi ada sisi positif juga punya kuku yang panjang lho. Kata tanteku, “pas kita lagi ada di situasi berbahaya, misalnya usaha pelecehan seksual, kuku yang panjang bisa membantu. Tinggal cakar sekuat-kuatnya tuh orang jahat, paling bagus pas muka, pasti efektif untuk melumpuhkan gerakan untuk sementara waktu.” Iya juga sih, hal semacam ini juga menjadi salah satu alasan cewek harus memanjangkan kuku. Tapi si cewek jangan lupa diri juga, mentang-mentang kuku panjang trus lagi berantem sama orang main cakar-cakar aja. Waduhh… Itu sih kekerasan ya namanya. Hmm…

Btw, kalo manjangin kuku sebaiknya saat makan menggunakan sendok ya. Bagaimanapun, kuku itu juga tempat kuman bersarang sebersih apapun kita mencuci tangan. Ga mau juga kan punya kuku cantik tapi malah kena penyakit di percernaan. Lebih lagi kalo pas kuku sedang dipoles kuteks, it’s a big NO NO buat makan tanpa sendok. Kandungan dalam kuteks itu berbahaya banget loh buat tubuh, jadi mendingan hati-hati. Cantik sih sah-sah aja, tapi kena penyakit? Mendingan punya kuku yang sehat dan bersih aja deh…

Buka Bersama

Sejujurnya, cuma pernah sekali aku ikut acara buka bersama, soalnya waktu itu juga bareng sama bapak di masjid tempatku TPA (Taman Pengajian Anak) waktu masih SD dulu. Baik SD dan SMP tentunya ga mungkin diadakan buka bersama, secara yayasan Katholik, tapi SMK juga ga ada acara buka bersama yang pernah kuhadiri sekalipun. Semester 1 kemarin juga ketika di adakan bukber, aku tetap ga ikut. Tahun 2011 ada reuni sekaligus bukber tetep ga ikut. Rasa-rasanya jadi malu sendiri karena ga pernah berpartisipasi dalam acara positif seperti ngabuburit bareng, tapi mau gimana lagi… Nasib ga bisa mengendarai motor sementara jarak rumah jauh dari daerah perkotaan, so ga bisa naik angkot. Terus, ga enak juga sama yang nganter jemput, takut ngerepotin. Tapi dari hati sebenarnya kepingin berkesempatan ikut buka bersama dengan teman-teman, biar jadi kenangan. Makanya buat nebus absen kehadiranku di acara buka bersama, reuni lebaran aku berusaha untuk hadir. Moga-moga tahun ini masih ada kesempatan untuk menghadiri reuni SMK di hari lebaran ketiga. Amin. πŸ™‚

Dipikir lagi, buka bersama memang agenda yang di nanti karena asyiknya berkumpul dengan teman menunggu waktu berbuka. Kita bisa ngobrol apa aja sampai lupa sendiri kalo seharian sudah menahan lapar dan dahaga serta amarah, terus pas berbuka rasanya nikmat banget karena ramai. Kumpulan makan bareng, mau itu sekedar lunch biasa maupun bukber selalu merupakan momen yang seru. Sayang ga pernah ikut, jadi ngiri. Haha.. Apalagi kalo setahun sekali lebih semangat lagi (foto-foto) kayaknya. πŸ˜› Etapi, bukber sama keluarga juga bukannya ga seru sih… Soalnya momen bersama keluarga juga merupakan hal yang dinanti setiap orang. Apalagi di luar bulan Ramadhan biasanya kita sibuk dengan urusan masing-masing, makan di meja makan belum tentu semua bareng, pas bulan puasa semua dipertemukan di waktu yang sama. Gimana pun kita harus bersyukur jika masih bisa berpuasa, sahur dan berbuka bersama orang-orang yang kita cintai ya. Siapa tahu besok ga ada kesempatan seperti itu lagi (tapi mudah-mudahan jangan terjadi sih..).

Btw, ga terasa ya.. Udah 5 hari kita menjalani puasa. Lancar-lancarkah? Atau ada yang menghadiri acara buka bersama? πŸ™‚

Sahur dan Kopi

Lucu sendiri kalo ingat semasa kecil hingga pertengahan SMK, susah banget dibangunin sahur. Kadang-kadang bangunnya setengah jam dari waktu alarm dan itupun masih merem melek ngumpulin nyawa ke badan. πŸ˜€ Sekarang semakin menua umur, tubuh juga ga melulu perlu tidur. Entah karena udah biasa atau gimana, but I’m wide awake on time. Ga pernah lagi sampe kesiangan atau bangun terlambat. Alhamdulillah ya…

Beda dengan puasa tahun lalu, sahur ga kuisi dengan minum kopi. Kayaknya udah kapok banget dengan pengalaman sakit maag yang bikin kelancaran puasa terhambat. Soalnya minum obat maag setelah konsumsi kopi kan ga baik, toleransinya aja selang 1 jam. Dipikir-pikir kasihan juga sama lambung dan pencernaan sendiri, selama ini udah kerja keras mencerna makanan dan minuman yang kadang-kadang juga punya efek negatif terhadap organ tubuh. Contohnya, dulu semasa SD aku ketagihan minum minuman bersoda sehingga begitu dewasa ngerasain sendiri efek dari kebandelan masa kecil, setiap minum yang bersoda bisa sampe berhari-hari nyeri lambung. Meskipun berkafein, aku minum kopi setiap pagi bisa membantu melancarkan BAB lho. Cuma yang biasa kuminum emang b kopi instant sih.. Mana mungkin kuat minum kopi hitam pahit aseli. Awal-awal ketagihan minum kopi sempet sering mules-mules, tapi lama-kelamaan jadi hilang sendiri dan minum kopi juga ga ada masalah. Malahan, yang dulu-dulu sekalinya kena maag bisa muntah-muntah dan ga bisa bangun dari tempat tidur, eh… Sekarang udah ga separah itu. Tetep sih.. Posisi lagi berpuasa, mending hati-hati sama kondisi badan sendiri. Ada baiknya juga mengurangi konsumsi di bulan Ramadhan, persediaan torabika moccachino di rumah jadi hemat sehingga yang biasanya serenteng habis dalam seminggu jadi bisa sampe dua mingguan (biasanya segitu). Ah… Yang penting, adjust dulu sama puasanya. Hari pertama puasa kayak zombie nyasar gitu, tapi moga-moga hari ini sama lancarnya kayak kemarin. Selain itu, lumayan rajin ngupdate di blog nih.. Alhamdulillah. πŸ™‚

Antara Membaca dan Review Buku

Beberapa bulan kemarin waktu mulai sering baca e-book di laptop aku sempet punya keinginan kepingin bikin weekly review tentang buku-buku yang udah kubaca. Kalo ditanya jumlah novel digital yang udah dikoleksi sih.. Jangan ditanya. Malahan masih banyak banget yang belum sempet kebaca. Tadinya mau kubaca satu persatu selama liburan, tapi malesnya itu lho… Yang ada malah re-read novel yang udah dibaca. Haha.. Kalo kayak gini gimana bisa review mingguan? Baca buku yang di download sendiri aja udah males.

So far review novel yang berhasil aku buat baru ada dua. Udah ada rencana kepingin buat lagi, tapi masalahnya adalah novel atau buku apa yang bakal di review. Ngereview itu sebenarnya gampang-gampang aja, soalnya kan udah dibaca. Apa susahnya menceritakan kembali apa yang kita tangkap dari buku yang udah dibaca? Tapi kalo ditanya soal buku apa yang ingin di review, itu sih lain cerita. Ada banyak banget novel yang ceritanya bagus dan aku suka, tapi kriteria novel yang menurutku worth direview itu ga cuma bagus dan aku suka. Harus ada point yang membuat novel tersebut menjadi sesuatu yang positive untuk dibaca. Misal, kalo mau review novel romance, tentunya ga sekedar cinta-cintaan kayak film drama. Waktu buat review tentang The Fault in Our Star, aku milih buku ini karena unsur romance dan tragedy-nya deep banget. Romansa cinta remaja tapi tetep tragedi karena mereka pasangan penderita kanker, ketemu dan berpisah karena kanker, dan masing-masing juga hidup dengan kesadaran pribadi dan lingkungan terhadap kanker. Biasanya aku benci baca novel tragedi, tapi ceritanya terlalu bagus untuk ga di review. Yaa jadilah… Tapi ga juga selalu tragedi mulu kan yang bisa di review, aku penginnya yang bener-bener unik. Makanya mesti nyari dulu di list novel mana yang bakal di review nantinya. Sayang sih novel digital dari Indonesia dikit banget koleksinya, kalo novel English kan banyak dan ada tempat yang resmi buat download gratis. Pernah saking ga nemu novel mana yang mau direview, aku langsung jengkel sendiri sampe kepingin review Fifty Shades of Grey daripada susah-susah.. Hahaha. πŸ˜›

Mungkin sekarang, lebih baik fokus membedah semua novel-novel yang belum dibaca daripada mikirin review. Bawaannya berasa ada tanggung jawab gitu, habisnya udah download banyak-banyak tapi nganggur di laptop. Itu bukan kebiasaan yang baik ya… #Mikir.

Tentang Niat, Obrolan dan Blog

Tadinya rencanaku mau mulai puasa di hari ini, tapi kok ga jadi. Semalem sampe jam 2.30 pagi di depan laptop baca komik dan udah niatan banget, “kebetulan nih, mendingan sahur deh..”. Pas itu juga udah laper banget πŸ˜› . Ealaahh.. Begitu keluar kamar ada Mamak lagi nonton TV, dan keinginan buat sahur demi menjalankan puasa esoknya malah ga jadi. Wkwkwk.. Habisnya tak pikir lagi, orang rumah pada mulai puasa di hari Rabu, kalopun jadi mulai puasa hari ini juga ga bakal kuat ngeliat yang lagi makan-makan di dalam satu rumah. Jahh… Katanya niat tapi ga terlaksanakan deh akhirnya. Hmm…

Seperti tahun sebelumnya, awal puasa memang selalu jadi bahan perdebatan. Baik yang sudah memulai puasa lebih dulu atau sesuai dengan penetapan riuh rendah memperdebatkan masalah kapan seharusnya puasa di mulai. Dipikir-pikir lagi, bukankah semua kembali lagi ke niat? Mau kapan puasa dimulai, niatnya adalah tetap untuk menjalankan perintah Allah SWT. Apakah sesuai syariat Islamnya adalah kembali kepada si pelaku, karena selama itu ga melenceng jauh dari ketetapan kan ga perlu heboh. Semisal, yang berpuasa dua hari sebelumnya ternyata tidak menjalankan tata cara yang benar atau semacamnya. Entah mungkin sahurnya melewati jauh dari waktu yang ditentukan atau berbukanya pun bukan setelah maghrib, nah… Ini baru dipertanyakan. Kalau cuma selang sehari mah ya ga masalah toh? Mungkin bakal jadi masalah ya waktu Idul Fitrinya, bareng atau ga. Biasanya beda waktu awal puasa beda pula penetapan Idul Fitrinya. Karena aku juga bukan yang berwenang untuk ngomongin masalah kayak gini, daripada asplos alias asal nyeplos, mendingan dijalanin dulu aja deh puasanya. Harusnya bulan ini kan mulai masuk musim kemarau, tapi cuaca mendung terus. Ga bakal terlalu dehidrasi karena ga keringetan, cuma biasanya cepet banget laper soalnya kalori banyak kebakar buat menghangatkan suhu tubuh ya. Yaaahh yang penting kita jalanin aja lah puasa tahun ini dengan nikmat dan semangat nyokk. :mrgreen:

Ngomeng-ngemong, kemarin juga Mamak masak lontong dan opor ayam. Maksud hati kepingin menyajikan masakan buat menyambut puasa, tapi ternyata kecepetan lagi seperti tahun kemarin. Sebenarnya rada sebel juga sih kenapa malah ga tepat lagi, tapi pemerintah juga udah melakukan penetapan jadi mau diapain. Tetep ngedumel juga sih ujung-ujungnya. Hahaha… πŸ˜€

Eh iya, selain itu semalem aku juga diajakin ngobrol sama Ali soal blogger Enigma yang katanya kalo bikin post tun mendetil banget penjelasannya seperti essay intelektual sampe-sampe yang komen bisa sampe 400 orang (kayaknya sih gitu ceritanya). Dari apa yang dijelasin adekku, blogger ini termasuk rajin dan teliti. Maksudnya, kalo aku mah ga bakal kuat disuruh bikin post membedah topik tertentu trus nyari sumber ini itu sampe ngirim email segala ke institusi demi konfirmasi. Tapi aku salut kok sama dia, walaupun keliatan kurang kerjaan (pizzzz damai, damai :Db) soalnya ada postnya yang dari awal udah ketebak jelas jawabannya tapi masih juga dicariin bukti kemana-mana. Etapi begitulah namanya seorang penulis, menurutku orang seperti dia pasti kalibernya sekelas detektif (Ali bilangnya gitu) atau jurnalis koran/majalah tingkat internasional. Aku pernah baca artikel temen FB tentang dia dan sempet penasaran. Tapi udah lupa sih ya, soalnya itu dulu banget… Apalagi si Enigma ini sempet vakum. Sebagai seorang blogger dia itu devoted banget dan merupakan contoh bagi aku yang masih pemula. Ga gampang lho bikin post-post yang teliti sampe bisa nyari sumber ini-itu sebagai bukti. Kalo aku sih… Haha kayaknya jauh banget deh..

Yahh apapun ceritanya, yang penting diriku tetap setia blogging. Untuk saat ini lebih nyaman jadi daily blogger yang doyan ngoceh random di blog ga pake mikir. Hahaha πŸ˜€

Chicks in a box

chick

Though a bit smelly, I think we’re agree that chicks are the cutest thing to look at. 20 newborn chicks had been separated from their mother and placed in a small box. Since there’s a lot of stray cats in my neighborhood and my mother’s chickens are often gettting caught by them, my mom decided to put the chicks inside. It’s not unusual for mom to do something like this, but this time we got 20 and I should say that’s quite a number. They are just so cute together, stumbling and chirping along with others. Shame they’ll get scary when grow up. Haha.

Talking about chicks, I also recalled my school days when I still love using notebooks with cute pictures on the cover, and one of them was chicks. Or when I was introduced with ring binder books, collecting colourful and cute looking binder papers began to be one of my hobby. I once had gotten a paper with picture of a girl and chicks in soft green and yellow color, and it was one of my favorite at that time. No matter how many years had gone, baby chicks never fail to make girls squealing the word ‘cute’.

It seems that chicks always relate to the concept of childhood, since you almost can find everything with them on it; stationeries, lunchbox and waterbottle, blanket or even wallpaper. Have you ever thought that maybe chicks are the popular picture to use in a drawing book because it is one of the easiest animal shapes to draw? Moreover, they’re cute! Crappy picture of chicks even is still deemed cute! πŸ˜€

looks like a penguin, or is actually a baby penguin?

I don’t know why looking and writing about chicks give me ansty feeling and nostalgic moment of childhood days, but I guess there’s still a part in my heart that will never abandon my child side. Also, girls are sucker to cute things. How could you avoid those tiny yellow creatures with chirps and small eyes? I guess not. πŸ˜†