Tabu? Mencela?

Suatu hal mengganjal waktu teman di Twitter (@IwanPalsu) ngetwit tentang berita Stella JKT48 yang kontroversi karena memakai jilbab. Sebagai nonmuslim (Taka-san orang Jepang) pasti bingung kan, makanya di twit tersebut dia mengungkapkan kebingungannya akan hal tersebut. Ada beberapa jawaban diberikan kepada Taka-san, tapi salah satu yang kubaca malah bikin aku juga sama-sama bingung. Katanya begini;

Hmm.. Mungkin karena itu merupakan hal tabu di Indonesia, sehingga dianggap perbuatan mencela.”.

Lalu ketika ditanya lagi jawabannya seperti ini;

Jilbab itu kan jati diri seorang muslimah, jadi perbuatan itu dianggap perbuatan menghina.

…….Benarkah?

Fakta kalo Stella JKT48 merupakan nonmuslim tentu aja ga bisa diubah. Memakai jilbab mungkin hanya sebagai urusan solidaritas belaka dan ga ada hubungannya dengan cela mencela agama. Tapi yang bikin aku bingung, benarkah nonmuslim memakai jilbab itu tabu? Seharusnya jika tabu, maka para model nonmuslim yang memperagakan busana muslim beserta hijab juga merupakan hal tabu. Atau bila ada aktris dan aktor nonmuslim yang memerankan tokoh beragama Islam sehingga diharuskan berhijab dan berpeci juga tabu. Terlebih lagi, sekian banyak sinetron Indonesia menggunakan pemain nonmuslim untuk memerankan tokoh-tokoh cerita yang islam, serta harus berjilbab, berpeci, melakukan adegan shalat dan bermukena, pastinya jika tabu maka itu tidak boleh dilakukan ya? Di negara lain, contoh saja India, banyak sekali kejadian seperti ini, tetapi aku belum pernah dengar kalau itu ditabukan. Bahkan Madonna dulu pernah mengunjungi Indonesia dengan mengkerudungi rambutnya, tabukah hal tersebut?

Of course as a commoner aku ga bisa membenarkan apakah nonmuslim memakai jilbab itu tabu atau ga. Aku juga ga akan sok-sok nyari dalil dari sumber Islam manapun tanpa bener-bener tahu maksudnya apa dan bagaimana. Tetapi sungguh sedih sekali jika nonmuslim memakai jilbab dianggap perbuatan menghina, padahal jika ada yang berpakaian mini juga dicerca. Bukan cuma tentang hal seperti ini aja, tetapi aspek-aspek yang lain. Jilbab tidak hanya digunakan oleh muslimah Islam aja lho, keharusan menggunakan penutup kepala juga di gunakan oleh agama lain. Ada pula yang memang menjadi budaya bagi bangsanya untuk menggunakan kerudung, dan kita belum tentu tahu dan sadar dengan hal tersebut. Jika memang perbuatan mencela, bukannya seperti mengolok pengguna hijab, atau berjilbab tapi pakaian mini-mini ya? Kenapa justru sesuatu yang baik dari muslim tapi dilakukan oleh nonmuslim dianggap tabu?

Nah.. Sebagai renungan aja, SMK AL-IMAN Banjar Agung Tulang Bawang tempatku dulu bersekolah pernah menerima murid nonmuslim wanita yang diharuskan berjilbab karena sekolah kami di bawah naungan yayasan islam NU. Seharusnya kalau memang tabu, harusnya ditolak mentah-mentah karena keharusan berjilbab itu kan perintah Allah SWT. untuk para muslimah. Tapi kenyataanya murid tersebut di haruskan berjilbab, dan ia bersekolah di sana hingga lulus. Padahal NU itu kan kental sekali soal agama Islam, pasti ada pertimbangan untuk hal seperti ini ya?

Mari coba di renungkan. Post ini bukan untuk menentukan mana yang salah dan benar tentang perihal di atas. Aku juga seorang muslim, aku juga tahu makna hijab. Tapi yang aku sedihkan itu jika hijab dipakai nonmuslim dianggap tabu, padahal seharusnya tidak. Lagipula jika itu perbuatan mencela, cara Stella memakai jilbab sangat sopan. Soal rambutnya sedikit kelihatan atau perkara dia nonmuslim, apakah itu masalahnya sehingga dianggap mencela? Atau menurut teman-teman harusnya tabu ga sih nonmuslim memakai hijab?

14 thoughts on “Tabu? Mencela?

  1. Kalau pendapat saya sederhana saja. Sama seperti peci.
    Meski jilbab dan peci beda, tapi semua cuma sarana. Peci mau dipakai oleh non muslim oke2 saja. Hal yang sama berlaku juga untuk sarung ayau juga surban…
    Intinya, pakian bukan satu2nya ukuran

    • Bener pak, saya pikir juga demikian.
      Bukan berarti karena yg memakai itu nonmuslim maka hal tsb dianggap tabu apalagi menghina. Karena amat sayang jika hal tsb terjadi, sebab memakai hijab kan merupakan sesuatu yg baik dan harusnya dicontoh umat beragama lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s