Haruskah Dengan Itu?

Haruskah Dengan Itu?

Kenapa masih ada yang mengidentikkan tubuh langsing dengan penggunaan obat? Dulu sih sempet pernah kuobrolin di blog tentang pengalaman ngurusin badan, tapi karena ternyata masih ada aja yang nanya, “An, kamu kurusnya minum obat apa?” Bawaannya jadi berasa jenuh gitu. Emangnya segitunya ya kalo mau kurus, sampe minum obat-obat segala? Kalo cuma slimming tea mungkin masih ditolerir, tapi tetep aja… Ga ada tuh riwayat-riwayat menggunakan obat pelangsing dan semacamnya. Aslinya, yang diperlukan seorang yang ingin menurutkan berat badan adalah kesabaran dan disiplin.

Sebelum lulus SMK, sejak naik kelas 6 berat badanku emang udah naik. Pengaruh hormon kali ya, sehingga sampai SMK juga ga pernah di bawah angka 58 kg. Aku emang jarang meriksain berat badan dan sekalinya meriksa juga pasti di angka segitu. Pas mau kelulusan, banyak yang bilang aku mulai kurusan. Padahal makan ya biasa aja, tapi ga jajan karena lebih sering ada di rumah. Lulus SMK dan cuti setahun, aku emang udah niatan kepingin nurunin berat badan. Awalnya cuma nguranging makan dari yang satu porsi jadi setengah, berhenti minum es dan ngemil, terus mulai olahraga. Sampe akhirnya bulan puasa dateng, pikirku, “Kesempatan, right timing buat diet.” Dari situ bener-bener keras berusaha diet lewat puasa Ramadhan. Waktu itu aku ga pernah minum es atau makanan manis setelah berbuka, cuma teh manis anget. Makan nasi juga sedikit, dan lauknya hampir jarang yang berdaging. Di waktu sahur juga ga pernah banyak, malah seringnya minum susu. Itupun bukan susu khusus atau semacamnya, cuma susu biasa. Yang paling significant adalah selama puasa ga pernah aku isi dengan lemes-lemesan atau tidur sepanjang hari. Justru dengan melakukan kegiatan malah bisa bikin lupa sama rasa laper, meskipun jadinya haus banget.😀

Mungkin juga kesuksesan ngurusin badan waktu puasa karena aku rutin minum obat maag. Kebanyakan orang takut puasa, atau diet dengan ngurangin makan karena resiko maag. Aku sendiri sempet takut lho, karena dulu pernah di rawat gara-gara kena maag kronis. Waktu itu aku selalu disiplin minum milanta 30 menit sesudah makan sahur dan berbuka. Selain itu juga didukung porsi yang ga kebanyakan, jadi ga gampang kembung. Bahkan beraktivitas juga ga bikin kena maag tuh, enak banget malah. Emang sebenarnya harus juga liat kecocokan sama obat maag yang diminum, soalnya sempet sekali minum obat maag yang bukan milanta malah kambuh maagku. Selebihnya mah enjoy lho, ga ada masalah.

Nah, soal sabar dan disiplin tadi, bukan hanya berdasarkan proses penurunan berat badan aja. Sabar juga perlu ketika nungguin hasil diet, soalnya terkadang lewat sebulan pun belum tentu keliatan. Aku aja perlu waktu berbulan-bulan sampe bener-bener bisa langsing, ada kali setengah tahun. Ga semua proses berjalan lancar lho, apalagi kalo kita punya mata yang suka laper. Liat ini-itu pengin, akhirnya gemuk lagi. Bisa terjadi lho, jangan salah. Makanya setelah sukses pun, masih harus disiplin untuk mempertahankan berat badan yang udah turun itu.

Soo~ kalo masih ada yang suka nanya-nanya tentang ngurusin badan pake obat ato semacamnya, sebaiknya ke cara yang lebih aman aja deh. Buktinya aku ga pake obat pelangsing bisa nurunin berat badan tuh, dan alhamdulillah juga bisa dipertahankan. Timbang menggunakan cara yang resikonya ga diketahui dan mungkin berbahaya, kan enaknya kembali ke prinsip “alon alon asal kelakon” ya mbak bro. Jangan lupa juga, diet pun dibarengin sama olahraga. Ga perlu khususin waktu, ikutin aja kegiatan harian misalnya ke tempat terdekat jalan kaki ato naik sepeda, beresin rumah kalo lagi nganggur dan semacamnya. Masa iya sih, pengin langsing harus dengan cara itu?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s