Maksa’ English

Joz gandhoznya kuliah bahasa Inggris adalah waktu diri-sendiri jadi sadar namanya perkembangan kemampuan itu penting. Semakin ke atas, level yang musti dicapai bukan sekedar bisa baca, nulis, ato ngomong English doank. Banyak lho yang bisa ngomong English lancar, tapi belum tentu baik dan benar. Dalam artian, ketika sampai ke tahap yang lebih profesional seperti public speech ato thesis writing malah jadi bingung. Padahal dari semester satu hingga tiga mata kuliah yang dipelajari emang aim-nya kesono juga, panggah ndak mudeng. Kerasa banget pas ngeliat temenku mencoba pidato bahasa Inggris, meskipun udah ada bantuan slide show presentation juga masih kayak anak SD lagi hafalan perkalian. Ada rasa kasian, ‘duh… Pasti nervous banget tuh dia. Jedanya lama banget!’ sambil ngerasa sedikit kecewa, ‘kok bisa ya segitu susahnya ngomong, kan bisa improvisasi? Emang ga latihan? Kok materinya nanggung banget sih?’ Akhirnya justru jadi ngerasa down sendiri, meskipun hal tersebut notabene terjadi pada orang lain.

Semakin dekat menuju wisuda, tentunya aku dan temen sekelas semakin sadar kalo kami ga bisa main-main sama waktu. Ngomongin Pra-Thesis aja pusingnya minta ampun, apalagi ngebayangin thesisnya nanti. Ujiannya pun bukan sekedar ngomong-ngemeng asal, soalnya kalo gagal harus ujian ulang di Bandar Lampung. Mending kalo bisa langsung lulus, itupun juga kalo ujian lain ga ada masalah. Dilema datang; terpaksa ngambil seminar tapi hasil cuma ngantuk dan capek (secara pengalaman ikut seminar kayak gitu semua), atau menderita demi TA tapi bangga di wisuda dengan pembuktian kemampuan. Kalo aku sih, tetep ngambil TA karena kupikir itu lebih bermanfaat ketimbang seminar. Resiko berat, tapi hasilnya kan bermutu alias punya nilai. Makanya itu, wayahnya kan kita latihan ya kakaakk. Mulai intensif ngomong English, nulis essay dan semacamnya. Ngapain juga sesumbar ngoceh ga pengin main-main lagi, kalo kenyataannya ngaso di depan leppy ngenet tanpa mikir berapa lama waktu yang tersisa sebelum masa perjuangan datang? (waduh, kok ngemengnya kayak mau perang dunia aja yak? Wkwk. Ini pengaruh nonton X-Men kemaren nih. :D)

Celakanya, in fact daku ini khilaf sama kemampuan sendiri. Ketika beberapa hari yang lalu salah satu temen duduk di belakang aku dan ngajakkin ngobrol pake bahasa Inggris, aku malah illfeel sambil mikir, “ni orang kok lebay banget, kan ga harus segitunya ngomong English. Maksa banget sih..” Padahal, basically it’s rational for him to speak in English though it’s still in poor level. Justru karena kemampuannya belum baik, makanya dia berusaha memperbaiki dengan latihan. Lha aku yang kemampuannya belum tentu lebih baik, eh.. Malah nyantai tanpa dosa. Duuuhhh malunyaaa ekeh. Bahkan walopun nilaiku lebih baik dari dia juga bukan berarti ga butuh latihan. Jangankan improve speaking, sekarang aku malah ga pernah lagi bikin English post di blog. Harusnya aku ga bangga kalo faktanya begini. Dasar manusia, ada aja waktu buat suudzan sama orang, padahal keruan dipake buat introspeksi diri-sendiri ya.😐

Sisi baiknya dari kejadian itu adalah, bahwa kalo waktu itu si teman ini ga duduk di belakangku dan ngajakin ngobrol bahasa Inggris mungkin aku ga bakal nyadar-nyadar sama kewajibanku kali’. Berinteraksi dengan temen pake bahasa Inggris bukan berarti maksa’ English, tapi merupakan tindakan “doing expectable thing as a student.”. Emang wajib gitu loh. Namanya juga lagi kuliah bahasa Inggris.😀 But at least post ini bisa jadi self-motivation buatku yang akhir-akhir ini sering down dan gampang jenuh sama kewajiban. Ujung-ujungnya cuma jadi Ms. Excuse tiap hari, dan itu bukan kebiasaan yang baik. Ibarat kayak reminder note soalnya mau bikin mental note malah lupa. Maklum manusia pikun, hehe…

Doa’in aja ga khilaf lagi ya, kalo perlu hantui diriku lewat mention di twitter biar ga lupa lagi buat latihan. (ngarep mention nih kayaknya. Hohoho..)

One thought on “Maksa’ English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s