Banjir Spam

Blog itu ga bakal luput dari tindakan spamming comment dan junk. Well, aku juga ga tau kenapa bisa ada spam yang isinya itu-itu aja dan cuma ngerusak pemandangan kolom komentar. Waktu masih (sedikit) aktif di Mywapblog.com, saking seringnya spam nongol di comment lists, aku jadi bosen login ke sana. Mood-killer tau, begitu ngeliat komentar yang ga diharapkan muncul di dashboard. Dan anehnya, bulan Desember lalu sejak post yang ini diterbitkan tiba-tiba aja askimet nyortir sekitar 840-an komen spam. Ajib… Ada apa nih bisa banjir spam gitu?


Jujurnya kalo menurutku, segala bentuk spam comment mau yang isinya blunt promosi aneh-aneh macam viagra sampe yang bahasanya halus menarik tapi ternyata kembaran sama ratusan komentar lainnya… Sungguh mengecewakan. Ga bohong deh, kalo membuat sebuah post pastinya ngarep di baca dan di komentari. Mau itu sekadar basa-basi belaka, asal memang ada bukti kalo si pengomentar itu menyimak isi post. Ketika menemukan komentar yang panjang, praising alias muji-muji, tapi kentara banget sekedar spam yang nyelip dari jeratan Askimet, entah kenapa aku jadi patah semangat. Gimana ya, yang baca aja belum tentu ngasih komentar, tapi spam banjir gitu.😐 Masih untung kalo promosinya menguntungkan dan bermanfaat, boro-boro. Yang miris itu, kalo ketemu spam comment yang isinya penuh pujian, namun ga nyambung blas sama tema post. Begitu dibaca, senyum turun sambil masang muka cengok. WadefaXXX?? Lebih-lebih lagi angkanya mencapai 800-an lebih dalam sebulan. Ada yang ngalamin ini juga? Di MWB juga ga segini-gini amat sih.. Paling sehari cuma satu atau dua, kayak lagunya Gamma. Ckckck.. Coba aja liat komentar di post yang linknya ada di atas itu, banyak banget komentar nyelip yang isinya salah jalur meskipun bentuknya berupa pujian. 11 atau lebih kali yang nyelip di sono, sampe males liatnya.

Bukannya apa-apa, hanya aja kalo yang ngomen cuma nyepam, self-esteem jadi berkurang. Lha wong dapat komentar hemat macam, “nice post” ato “nyimak aja sob” risih, kok. Itupun mereka baca, minimal lima baris. Palingan biar bisa dikunjungin balik, at least ada effort untuk menghargai tulisan blogger. Spammer itu ga sopan banget lho, bikin komentar ga tau juntrungannya. Huuhh kenapa demikian? Sepertinya ini merupakan sebuah phenomena yang tidak bisa di jelaskan karena sifatnya misterius, datang ga di undang bagai jelangkung. Tapi daku berharap pelakunya cepet bosen, soalnya risih liatnya bang. Hikss… Ga rela dapat 1000 komentar tapi isinya sebagian besar spam.🙄

10 thoughts on “Banjir Spam

  1. difilterlah, komen2 kaya gitu harus dimark as spam.
    sekali lolos pastinya bakal dibanjiri spam2 berikutnya.
    berharap pelakunya bosen sih nggak mungkin karena insert komen gitu nggak dilakukan secara manual tapi pake bot😀

    • Biasanya kan udah difilter askimet. Mungkin karena banyak jadi ada yang nyelip, banyak pula.

      Ngarep dikit kan gapapa. Hehe.. :p tapi yasutralah, moga2 setelahnya ga kejadian kayak gitu lagi.

  2. tiap akhir tahun biasanya fenomena spam menggila. spam masih merupakan bentuk promosi yg somehow cukup efektif karena tiap hari ada banyak pengguna internet baru yang tidak paham dan tidak kenal botnet spam

  3. aku pikir cuman aku doank. but ga sebanyak itu sih. 10 max komen spam masuk. itupun aku dah gatal2 deh. sempat mikir n guilty klo2 ini lgs msk di notifiikasi teman coz dianya reply di komen seseorang.
    sementara sih yg sering promo togel. hi ih jijik.

    • Ga tau juga tuh mbak, biasanya palingan cuma 1 atau 2 gitu, ga banyak kayak di bulan Desember kemarin.

      Itulah mbak, kadang saya juga sampe serba salah. Udah di saring askimet aja masih ada yang nyelip. Kesel deh..:/

  4. sering sih dapet komentar spam gitu Mba Annie tapi ya sutralah ya.. asalkan sudah disaring sama Akismet ya sudah tingal dicek bentar kali aja ada komen temen yang tersaring dan habis itu delete all permanently. Trus fokus deh bw ke blog temen tinggalin komen dan menerima komen balik dari temen.
    Pelakunya pake program tuh Mba, mereka langsung otomatis jelajahin internet dan kirim spam comment itu. Mungkin di postingannya Mba Annie itu ada keyword yang cocok ama keyword mereka..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s