Nganggur? Blogging Then?

Suatu kali aku iseng ngintipin forum WordPress Indonesia, itung-itung buang bonus. Mungkin udah ada tau, salah satu threadnya membahas topik “Ngeblog hanya untuk orang pengangguran.” Penasaran juga nih, tapi kayaknya kelangsungan thread ini ga begitu jelas deh… Karena komengnya juga ga banyak. Rada kecewa juga, soalnya kalo banyak yang membahas kan seru tuh… Jadinya, mungkin aku bakal bahas di sini aja daripada di forum ga ada cerita mengenai topik ini.


Well, kalo aku ditanya tentang ini, jawabannya antara ya dan tidak. Aku bisa bilang “ya”, karena pada waktu tertentu memang blog jadi tempat pengungsian kalo mood lagi hyper pengin ngerjain sesuatu. Apalagi kalo di kepala banyak ide dan topik yang kepingin di bahas di post, walaupun sebenarnya ga nganggur-nganggur amat pasti tetep nyempatin bikin entri baru.

Hanya aja, aku lebih setuju kalo pemikiran ini dianggap salah. Kenyataannya banyak tuh yang menggunakan blog sebagai bagian dari pekerjaan mereka, dan keaktifan seseorang di blog ga bisa diartikan bahwa authornya nganggur (unemployed). Itu sih tergantung sama pengelola blog alias author/admin yang ingin aktif di blog atau ga. Malahan sebenarnya kita tuh ga bisa dibilang nganggur kalo memang aktif di blog. Jangan salah lho, blogger juga penulis walaupun ga banyak yang dapat penghasilan. At least passion tersalurkan, gratis pula. Komplit banget lagi, ga perlu banyak biaya, tapi promosi jalan terus karena gampang aksesnya.

Dan yang paling penting, blogger paling ga bisa dibilang nganggur kalo urusan nyolong wireless dan gretong, atau ngisi pulsa modem/hp. Ini kayak perang jihad ya kasarnya ngomong.. Nyahaha:mrgreen:

Emang sih faktanya aku juga ga punya kerjaan, cuman kuliah aja. Kadang ngiri ama temen lain yang udah punya kerjaan, gapapa gajinya ga besar.. Toh udah ngerti gimana rasanya nyari dan nikmatin duit penghasilan sendiri. Lah.. Aku ini nih… Pengalaman ngajar jadi guru privat cuma tiga bulanan, minta tarif seminggu 5 ribu perak untuk tiga kali pertemuan. Untung yang kuajarin jumlahnya sekitar 7 orang, lumayan dapet 35 ribu. Ini juga bisa dapet ngajar mereka karena ibu-ibunya yang kebetulan biyang dan bibi-bibiku. Setelah mulai kuliah, ternyata anak-anak tersebut ga punya minat lagi sama les privat. Teteup deh.. Ga ada pemasukan mandiri, masih menerima dari orang tua. Ckck..

Tapi yang sebenarnya kepingin aku sampaikan di post ini adalah, bahwa apapun yang kamu lakukan di kehidupanmu, selama kamu tetap punya keinginan untuk terus berbagi lewat blog, ngapain pusing dirimu nganggur atau ga. Show must go on, y’know. It’s your life, if you’re enjoying it as much as myself, then it’s okay. The sky won’t crash just because you’re currently unemployed.

Yep, that’s what I think about the topic. Tapi bykan berarti aku nyuruh kalian ga usah nyari kerja yaa.. Pekerjaan itu penting, minimal bisa buat jajan sendiri atau beli barang-barang baru. Hanya aja, andaikata saat ini lagi nganggur pun ga salah kok aktif di blog. Daripada ngerjain hal-hal negatif yang lebih ga berguna, dan mungkin juga bakal lebih banyak mengeluarkan biaya ketimbang berjam-jam mantengin PC atau hp demi blog. Ets, harus inget juga nih.. Manfaatkan fasilitas blog untuk penyaluran yang baik dan berguna, bukan yang… Errr… Itulah ya. Ada banyak kan blog yang isinya ‘aneh’ dan ‘ga penting’? Jauh-jauh aja sama blog-blog begituan, dan misalkan itu emang doyannya dirimu yaa… Jangan menyebarkan ke orang lain lah, apalagi ke remaja dan anak-anak. Sudah terlalu banyak dari generasi yang terkorup oleh hal semacam ini tanpa perlu bantuan blog.

Karena udah malem, segini dulu, k? Until later people.

3 thoughts on “Nganggur? Blogging Then?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s