Wanita perlu tahu: Dysmenoria

Evening people!
Sore gini enaknya ngapain yaa??
Berhubung daku masih ngantuk berat akibat minum obat tadi, post yang ini kayaknya ga bakal sepanjang seperti biasanya. Biasa, “tamu bulanan” mampir, daku pasti harus rutin minum obat penghilang rasa sakit biar ga terganggu sama nyeri yang menyiksa. Kalo masalah jenis obat yang aku minum, cuma mefenamic acid 500mg. Minumnya juga gx sekaligus sih.. Cuma 3/4 bagian, kalo resep Nofri gitu. Jadi sampe saat ini aku ga ngalamin siksaan nyeri yang dulu sampe bikin aku hampir pingsan. Minum obat ini aman kok, coba baca di sini;

Pembahasan di forum Kompas mengenai cara mengatasi PMS.

informasi tentang bagaimana mengatasi nyeri haid.


Nah, penjelasan sedikit mengenai nyeri haid atau dysmenoria, ada yang mengalaminya sejak menstruasi pertama dan ada pula yang mengalami beberapa bulan hingga setahun setelah menstruasi pertama. Yang jelas, dismenoria hampir terjadi pada setiap wanita. Hanya aja, dismenoria bukan bagian dari PMS atau Pre Menstruasion Syndrom. PMS adalah sindrom yang terjadi sebelum masa menstruasi berupa perasaan kesal, ingin marah, depresi, kadang juga bisa disertai pusing dan mual. PMS justru lebih parah dirasakan pada wanita yang sudah melahirkan.

Masih tentang dismenoria, ada dua jenis dari nyeri ini; dismenoria primer dan dismenoria sekunder. Kalau masih dalam tahap primer, berarti nyeri yang kamu derita masih normal. Bisa karena hormon atau sirkulasi darah yang ga lancar. Tandanya adalah sejak sebelum menstruasi (biasanya paling ga 3 hari atau bahkan seminggu sebelumnya) sudah ada sedikit nyeri di bagian pinggul atau perut bawah yang menunjukkan di ovarium sebelah mana akan membuahi telur. Nyeri terjadi hanya maksimal selama dua hari.
Kalau nyerinya luar biasa dan berkelanjutan hingga lebih dari dua hari, ada baiknya diperiksakan ke dokter, karena bisa aja nyeri haidmu adalah yang bersifat sekunder atau akibat suatu kelainan tertentu. Bisa karena penyakit atau hal lain. Apalagi kalau siklusnya ga teratur dan bisa lebih dari 7 hari. Sebaiknya harus segera periksa ke dokter. Aku juga masih bingung dengan dismenoria sekunder ini, karena gejalanya bisa mengacu pada endometriosis. Tapi bukan berarti nyeri haid berarti susah hamil. Dan bahkan jika benar-benar terkena endometriosis, masih bisa ditanggulangi.

Info tentang endometrosis dan seputar haid;

Info mengenai endometriosis.

Seputar menstruasi.

Dismenoria berdasarkan Wikipedia

Coba baca yang penjelasan di Wiki, ceisebutkan bahwa wanita di usia 20 tahun ke atas mengalami ini lebih kuat daripada remaja. Jadi kalo sebelumnya kamu belum pernah mengalami nyeri haid dan sekarang mengalami, itu bukan hal aneh. Karena kita ga tau penyebab dismenoria tersebut, sebaiknya diperiksakan. Bisa aja merupakan gejala endometriosis. Yang penting selama nyeri haid, usahakan hindari kafein, makanan pedas atau yang biasa bikin nyeri tambah parah.

Well, sama seperti kalian, aku juga ga bisa mastiin apakah nyeri haidku normal atau akibat kelainan. Ibu, bibi bahkan nenekku juga ngalamin hal yang sama waktu masih seumurku, dan kenyataannya mereka masih bisa punya anak. Bahkan nenekku aja bisa sampe melahirkan 6 anak, dan menurut pengalaman mereka setelah melahirkan nyeri haidnya hilang. Yah.. Mudah-mudahan nyeri haid ini gx berarti buruk buat aku maupun buat cewek-cewek yang mengalami hal yang sama kayak aku, karena sebenarnya apakah kita dapat memiliki keturunan atau ga merupakan rahasia dan ketentuan Tuhan. Kita cuma bisa berserah diri kepada-Nya dan mengharapkan yang terbaik. Be positive aja.

Udah malem ya ini? Hehe.. Bilangnya ga panjang ga taunya panjang juga. Hihihi… :p I guess we should call it a night. Daku capeeekkk… Oh, iya. Caution: Post ini bukan acuan utama mengenai masalah nyeri haid saat menstruasi. lebih jelas sebaiknya cari di google atau konsultasi langsung dengan pakar/dokter.

Until later people.😉

Post ini dikategorikan dalam “Liburan Post Goal”.
Tentang “Liburan Post Goal”:
Liburan Post Goal: One Post One Day

2 thoughts on “Wanita perlu tahu: Dysmenoria

  1. Pingback: Jadi Bingung Sendiri :/ « Randomzation of Annie Tjia

  2. Pingback: Liburan Post Goal: One Day One Post « Randomzation of Annie Tjia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s